MPLS SMP Telkom Makassar Usung Tema 'Di Sini Semua Berawal'

Tri Yari Kurniawan
Selasa, 09 Jul 2024 11:55
MPLS SMP Telkom Makassar Usung Tema 'Di Sini Semua Berawal'
SMP Telkom Makassar menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama tiga hari rentang Selasa-Kamis (9-11/7/2024). Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - SMP Telkom Makassar menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama tiga hari rentang Selasa-Kamis (9-11/7/2024). Kegiatan adaptasi siswa dan siswi baru itu mengusung tema 'Di Sini Semua Berawal'.

MPLS SMP Telkom Makassar tahun ini dirancang lebih kreatif dan edukatif serta diselaraskan dengan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka diketahui berfokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi siswa sesuai fasenya.

Sebelum acara inti MPLS, terlebih dahulu telah diselenggarakan pra-MPLS pada Senin (8/7/2024). Adapun lokasi penyelenggaraan dilaksanakan di lapangan sekolah dan aula kelas.

Pembukaan MPLS berlangsung meriah dengan menampilkan sederet aksi siswa di bidang tari, nyanyi, pantomim dan kreativitas musik tradisional. Pelaksanaan kegiatan melibatkan OSIS dan guru sebagai pihak pengawas dan pemantau kegiatan.

Ketua OSIS SMP Telkom Makassar, Aldilah Jannatul Hadi, menjelaskan MPLS tahun ini mengambil tema 'Di Sini Semua Berawal' sesuai dengan realitas. Ya, MPLS merupakan start pertama dari seluruh siswa baru dalam menimba ilmu di SMP Telkom Makassar.

"Tema itu juga mengandung falsafah, dimana saat pertama kali siswa baru tersebut menginjakkan kakinya di SMP Telkom, maka saat itu juga harus sudah siap untuk mewujudkan mimpinya dengan menimba beragam ilmu di sekolah ini," kata dia.

Selama tiga hari gelaran MPLS, banyak materi kekinian yang edukatif dan bermakna yang diberikan kepada siswa baru. SMP Telkom Makassar juga menghadirkan sejumlah pemateri top di bidangnya.

Ia percaya MPLS ini tentunya akan meninggalkan kesan bagi para siswa baru dan juga bagi orang tua peserta didik. Olehnya itu, pihaknya berusaha maksimal menghadirkan MPLS yang dapat menjadi kenangan baik dan memberikan spirit positif dalam memulai aktivitas di sekolah.

"Kami berusaha memastikan agar MPLS ini menjadi kenangan baik dan menjadi awal yang positif buat mereka tentang sekolah kami, baik dari kegiatannya, tampilannya serta konsepnya," ungkap dia.

Gelaran MPLS memang diharapkan mampu meningkatkan spirit dan energi siswa baru SMP Telkom Makassar dalam menyongsong sejumlah kegiatan sekolah pada Tahun Pelajaran 2024/2025”. Selain itu, orang tua peserta didik juga merasa tidak akan rugi menyekolahkan anaknya di SMP Telkom Makassar, sekolah dengan citarasa kekinian.

Pembina OSIS SMP Telkom Makassar, Husni Mubarak, menyampaikan ada banyak kegiatan edukatif dan menarik selama MPLS. Hari pertama, pihaknya menghadirkan dr Wachyudi Muchsin atau biasa dikenal sebagai dokter koboy. Ia akan memberi materi tentang Bahaya Gadget dan Kesehatan Remaja. Hadir juga sebagai pemateri yakni Guru Besar Ilmu Hukum UNM Prof Heri Tahir dengan materi seputar Kekerasan di Kalangan Remaja.

Keesokan harinya, MPLS SMP Telkom Makassar diisi dengan materi dari influencer kondang Rijal Jamal. Ia akan mengajak siswa untuk menjadi content creator dengan materi How to Become a Content Creator. Di hari yang sama juga ada materi Peraturan Baris-Berbaris dari POM XIV/Hasanuddin.

Pada hari terakhir MPLS akan hadir Saharuddin Ridwan dari Dewan Pengawas Asosisasi Bank Sampah Indonesia untuk menyerukan Green and Clean di lingkungan sekolah.

Kegiatan MPLS ini juga menampilkan presentasi divisi-divisi yang ada di SMP Telkom Makassar. Sekadar diketahui, ada 18 ekstrakurikuler di salah satu Sekolah Penggerak di Makassar ini. Dalam presentasi nanti, mereka akan berbagi materi kurikulum, kesiswaan dan karakter, sarana dan prasarana serta aplikasi pembelajaran berbasis teknologi yang akan digunakan selama bersekolah.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru