Hadirkan Kelas Transformasi Digital Bersama Google, TPN XI Terapkan Pemanfaatan AI

Tim Sindomakassar
Rabu, 17 Jul 2024 17:16
Hadirkan Kelas Transformasi Digital Bersama Google, TPN XI Terapkan Pemanfaatan AI
Kelas Google juga menjadi salah satu daya tarik utama di TPN XI yang tahun ini diselenggarakan di Sekolah Islam Athirah. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Sekolah Islam Athirah di Jalan Kajaolalido, Kota Makassar, menjadi tuan rumah Temu Pendidik Nusantara XI (TPN XI), belum lama ini. Acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Guru Belajar dan Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) ini menghadirkan berbagai kelas inspiratif untuk para pendidik.

Kelas penggerak ditujukan bagi guru-guru yang telah menyelesaikan misi pemimpin atau misi manajerial di website resmi Temu Pendidik Nusantara XI, tpn.gurubelajar.org.

Beberapa pembicara yang tampil dalam kelas penggerak adalah Nirwana dari SMP Kemala Bhayangkari dengan judul Manajemen Prakasa Perubahan, Salvia Salmawati dari SD Inpres Tallo Tua 2 dengan judul Perasa (Pendidikan Karakter Siswa), Sudirman dari SDN Nusa Harapan Permai dengan judul Kepemimpinan yang Memberdayakan, dan Amrul dari SD Inpres Pampang 1 dengan judul Tantangan Dalam Memimpin Tim.

Selain itu, ada juga kelas belajar dari praktik baik komunitas dan organisasi pendidikan. Pembicara dalam sesi ini adalah Dedi Gunawan Saputra, ketua Dedikasi Putra Bangsa, Rahmawati, ketua Kampung Dongeng Lontara Makassar, dan Akbar Musfatir, koordinator PeaceGen chapter Makassar. Mereka berbagi pengalaman dan strategi sukses dalam mengelola komunitas pendidikan.

Wardah cosmetic turut ambil peran dengan membuka beauty class, berbagi cara merias yang cepat dan tepat untuk guru-guru. Kelas ini mendapat cukup banyak perhatian dari peserta.

Kelas Google juga menjadi salah satu daya tarik utama di TPN XI. Sesi ini menghadirkan Andi Mauraga Jamruk, leader GEG (Google Education Group) Maros, dan M. Edward Ranggong, Google Education Specialist. Dengan judul Transformasi Digital Bersama Google. Kelas ini membahas pemanfaatan AI Gemini dan cara menjadi kandidat sekolah rujukan Google.

Penggerak KGBN Makassar, Zaid Buri Prahastyo, menyampaikan apresiasinya terhadap acara ini. Kegiatan ini diakuinya sangat penting untuk memberdayakan guru sebagai pemimpin pembelajaran. "Melalui TPN XI, kita bisa melihat bagaimana praktik baik dapat diterapkan di berbagai sekolah," ujarnya.

Para narasumber juga mengungkapkan rasa senangnya terhadap kegiatan ini. Nirwana, salah satu pembicara kelas penggerak, mengatakan berbagi praktik baik ini adalah pengalaman yang luar biasa. "Saya senang bisa berkontribusi dan belajar dari rekan-rekan pendidik lainnya," tuturnya.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan inspirasi bagi para pendidik di Makassar, dengan harapan dapat mendorong terciptanya praktik pendidikan yang lebih baik di berbagai sekolah.

Kordinator kelas TPN XI Kota Makassar, Adelia Octoryta, mengatakan guru yang membagikan cerita praktik baiknya di kelas dapat menjadi inspirasi bagi guru lain. "Siklus ini kami percaya akan menggerakkan perubahan dan menjadikan guru sebagai pemimpin pendidikan berdaya," tukasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru