Usung Tema Kearifan Lokal, Notary Run Sulsel 2024 Target 2.000 Peserta

Tri Yari Kurniawan
Sabtu, 20 Jul 2024 10:34
Usung Tema Kearifan Lokal, Notary Run Sulsel 2024 Target 2.000 Peserta
Ketua Pengwil INI Sulsel Andi Sengngeng Pulaweng bersama Ketua Panitia Notary Run Sulsel 2024 Anshar Amal saat memberikan keterangan pers, Sabtu (20/7/2024). Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - Pengurus Wilayah (Pengwil) Ikatan Notaris Indonesia (INI) Sulawesi Selatan (Sulsel) siap menggelar Notary Run 2024 di Kota Makassar pada 29 September. Kegiatan fun run ini digelar sebagai rangkaian perayaan HUT ke-116 INI.

Terdapat dua kategori Notary Run Sulsel 2024 yakni 5 K dan 10 K. Sejauh ini, sudah ratusan masyarakat yang mendaftarkan diri untuk ikut ambil bagian. Adapun penyelenggara menargetkan jumlah peserta sebanyak 2.000 pelari.

Ketua Pengwil INI Sulsel, Andi Sengngeng Pulaweng, menyampaikan hari ini pihaknya melakukan grand launching pelaksanaan Notary Run Sulsel 2024. Diajaknya partisipasi masyarakat, termasuk komunitas lari di Makassar maupun di Sulsel.

Ia menegaskan pihaknya akan mempersiapkan pelaksanaan Notary Run Sulsel 2024 semaksimal mungkin. Guna menyukseskan kegiatan, INI menggandeng Apindo sebagai event organizer.

“Tujuan kami memberikan yang terbaik untuk seluruh pelari se-Sulsel,” kata Andi Sengngeng, saat grand launching Notary Run di Dupli Dining & Lounge Kawasan Pantai Akkarena, Makassar, pada Sabtu (20/7/2024).

Ketua Panitia Notary Run Sulsel 2024, Anshar Amal, menyampaikan sebelumnya pihaknya telah menggelar soft launching dan open register di Hotel Claro, beberapa waktu lalu. Antusiasme masyarakat pun sangat tinggi mengikuti event ini.

“Kami siapkan slot 2.000, masing-masing 1.200 peserta untuk kategori 10 K dan 800 peserta untuk kategori 5 K,” ujar dia.

Anshar menyebut kategori 5K paling diminati. Sejauh ini, sudah teregistrasi setidaknya 500 pelari. Sedangkan untuk 10 K berkisar lebih dari 100 pelari yang sudah mendaftar.

Gelaran Notary Run Sulsel 2024, ia menjelaskan dilaksanakan selain untuk menyemarakkan HUT ke-116 INI, juga dilandasi kesamaan hobi para pengurus. Mulanya, Anshar yang hobi lari kerap ketemu dengan pengurus INI maupun notaris lainnya di jalan, sehingga akhirnya menginisiasi kegiatan ini.

Usung Tema Kearifan Lokal, Notary Run Sulsel 2024 Target 2.000 Peserta

Lebih jauh, Anshar menyebut pelaksanaan Notary Run Sulsel 2024 berbeda dengan event lari yang marak digelar di Makassar. Pihaknya benar-benar mengangkat tema kearifan lokal. Terlihat dari jersey dan medali yang bercorak sutra. Begitu juga dengan postingan promosi di Instagram yang memakai latar lagu Bugis-Makassar.

“Tema yang diangkat itu kearifan lokal. Lihat saja jersey dan tali gantungan medali itu motifnya sutra,” ungkapnya.

Adapun rute Notary Run Sulsel 2024 yakni start dan finishnya di Monumen Mandala. Dalam kegiatan ini, penyelenggara sudah menyiapkan hadiah podium untuk tiga pemenang, masing-masing untuk kategori 5 K putra dan putri serta 10 K putra dan putri.

Anshar juga memastikan ada banyak doorprize dan grandprize yang disiapkan bagi para peserta. Tidak disebutkan ragam hadiahnya. Namun, dari pengurus INI saja setidaknya telah menggalang dana kurang lebih Rp100 juta.

Sementara itu, Wandi dari Event Organizer Apindo menyampaikan, animo masyarakat untuk mengikuti Notary Run Sulsel 2024 sangat tinggi. Buktinya, sudah ada ratusan pelari yang mendaftarkan diri, meski kegiatan masih tersisa sebulan lebih.

Ia melanjutkan pembeda Notary Run Sulsel 2024 dengan event lari lainnya di Makassar adalah tema yang diangkat, yang benar-benar mengusung kearifan lokal. Untuk itu, diajaknya masyarakat maupun komunitas lari untuk turut memeriahkan event ini.

Pada kesempatan itu, Wandi menyebut pihaknya membuka kesempatan bagi anak atau peserta di bawah 17 tahun untuk ikut berpartisipasi. Namun, tentunya ada persyaratan yakni mengantongi izin orang tua dan didampingi pelatih.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru