Preview PSIS vs PSM: Buru Rekor Baru

Ahmad Muhaimin
Kamis, 06 Apr 2023 05:00
Preview PSIS vs PSM: Buru Rekor Baru
Desain Preview PSIS vs PSM: Foto: Sindo Makassar
Comment
Share
MAKASSAR - PSM berpeluang menambah rekor baru pada Liga 1 musim 2022/23. Usai mengunci gelar juara, Juku Eja bisa mencatatkan diri sebagai tim dengan perolehan poin terbanyak selama semusim, sepanjang Liga 1 Indonesia.

Pemegang perolehan terbanyak selama semusim ialah Bali United saat menjuarai Liga 1 2021/22 dengan koleksi 75 poin. Saat ini, PSM sudah mengumpulkan 72 poin.

Catatannya, PSM wajib menyapu bersih 2 pertandingan sisa yakni melawan PSIS Semarang dan menghadapi Borneo FC. Jika mampu mengamankan 6 poin lagi, maka Juku Eja bisa meraih 78 poin di akhir musim.

Ujian pertama PSM ialah harus melewati hadangan PSIS Semarang di markasnya di Stadion Jatidiri pada Kamis (5/4) malam ini. Kemanangan atas Mahesa Jenar, akan membuat koleksi Juku Eja menyamai perolehan Bali United di musim lalu yakni 75 poin.

“Persiapan kita, seperti biasa. Kita tahu bahwa PSIS ialah tim yang tangguh. Mereka mempunya kualitas di dalam tim mereka, ada Fortes yang musim lalu mencetak 20 gol, mereka punya Marukawa. Dan tentu saja tim ini memiliki kedalaman skuad yang bagus,” ucap Asisten Pelatih PSM, Paulo Renato dalam sesi konferensi pers jelang laga pada Rabu (5/4) kemarin.



Sayangnya pelatih kepala Bernardo Tavares tak bisa mendampingi PSM bermain di Stadion Jatidiri. Juru taktik asal Portugal itu harus absen karena sanksi akumulasi 4 kartu kuning.

“Namun kalian tahu, bahwa Coach Tavares mendapat kartu kuning di laga sebelumnya. Saya sendiri menganggap hal itu sesuatu yang konyol. Apalagi alasannya karena berbicara terlalu banyak,” ujarnya.

“Padahal kan tidak ada aturan seperti itu. sebab pelatih punya hak berbicara, memberikan instruksi, pada saat sesuatu hal tidak bagus terjadi di pertandingan. Dia tidak mengumpat, tidak juga berbicara kotor kepada wasit. Tapi dia cuma membicarakan hal teknis di pertandingan,” sambungnya.

Renato akan mewaspadai kebangkitan PSIS Semarang. Apalagi pada laga sebelumnya, Mahesa Jenar mampu mencukur PSS Sleman dengan skor 5-2. Menurutnya, kemenangan besar ini akan menjadi motivasi bagi skuat tuan rumah.

“Apalagi PSM cukup lama tidak menang away di Stadion ini. Dan saya lihat, pertandingan besok akan sulit bagi kita. Tapi kita harus tetap fokus memberikan yang terbaik di pertandingan besok,” sebutnya.

Juru taktik asal Portugal ini meminta anak asuhnya untuk mewaspadai semua pemain PSIS Semarang. Ia juga menekankan, tak akan fokus untuk mengawal pergerakan Carlos Fortes yang sudah mulai menemukan sentuhannya.

“Kita tahu Fortes adalah pemain penting, kita juga tahu kualitas dia, karena kita datang dari negara yang sama (Portugal). Tapi kami melihat PSIS sebagai sebuah tim, bukan individu,” jelasnya.

Pemain PSM, Ananda Raehan menegaskan akan tetap bermain serius pada laga malam ini. Raihan gelar juara Liga 1, tak membuatnya main-main di pertandingan ini.

“Meski pun sudah juara, kami akan tetap bermain 100 persen melawan PSIS. Dan memberikan permainan terbaik untuk suporter,” tambah gelandang muda Juku Eja ini.



Pelatih PSIS, Gilbert Agius memberikan selamat kepada Bernardo Tavares yang berhasil membawa PSM juara musim ini. Apalagi musim ini menjadi tahun perdana bagi Bernardo menangani Juku Eja."

“Kita akan menghadapi tim yang juara liga musim ini, ini akan menjadi pertandingan yang cukup keras dan kuat bagi kita. Dan selamat kepada Tavares. Walaupun musim lalu, PSM tampil tidak begitu bagus, tapi musim ini mereka begitu kuat,” ungkapnya.

Gilbert melanjutkan, kemenangan besar atas PSS di laga sebelumnya akan menjadi modal bagi timnya pada laga malam ini. Apalagi ia ingin membuat mengakhiri musim ini dengan catatan tiga kemenangan beruntun.

“Kemenangan kemarin cukup penting dan menambah kepercayaan diri buat pemain. Dan performa itu yang harus kita jaga. Namun besok lawan berbeda, jadi ada pola permainan berbeda saat menghadapi PSM,” bebernya.

Pemain PSIS, Taisei Marukawa bertekad mengukir catatan manis saat menghadapi PSM. Apalagi laga malam ini menjadi pertandingan terakhir Mahesa Jenar di kandang sendiri.

“Kami mempersiapkan tim seperti biasa, untuk menang melawan Makassar. Besok merupakan pertandingan terakhir di Jatidiri musim ini, dan saya harap semua penonton bisa datang ke stadion di laga terakhir ini. Memberikan support dan dukungan untuk PSIS,” kuncinya.

PSIS sendiri terus berkutat di papan bawah klasemen Liga 1 musim ini. Mahesa Jenar duduk di posisi 13 dengan raihan 38 poin.

Prediksi Susunan Pemain *dari kiri ke kanan

PSM (3-5-2)
Reza Arya; Agung Mannan, Yuran Fernandes, Erwin Gutawa; Rizky Eka, M Arfan, Kenzo Nambu, AKbar Tanjung, Ananda Raehan; Wiljan Pluim, Everton Naschimento
Pelatih: Paulo Renato

PSIS Semarang (4-3-3)
Adi Satryo; Taufik Hidayat, Alfeandra Dewangga, Bayu Fiqri, Fredyan Wahyu; Delfin Rumbino, M Luthfi Kamal, Septian David; Wawan Febrianto; , Carlos Fortes, Taisei Marukawa
Pelatih: Gilbert Agius

5 Pertandingan Terakhir PSIS Semarang
02.04.23 L1 PSIS Semarang vs PSS Sleman 5:2
29.03.23 L1 PSIS Semarang vs Persebaya 1:2
26.03.23 L1 Barito Putera vs PSIS Semarang 3:0
16.03.23 L1 Persija Jakarta vs PSIS Semarang 1:0
12.03.23 L1 Borneo vs PSIS Semarang 6:1

5 Pertandingan Terakhir PSM Makassar
31.03.23 L1 Madura United vs PSM Makassar 1:3
17.03.23 L1 PSM Makassar VS Bhayangkara 3:1
13.03.23 L1 Persita VS PSM Makassar 0:0
09.03.23 L1 Persikabo 1973 VS PSM Makassar 0:1
05.03.23 L1 PSM Makassar VS Persis Solo 3:2

Head to Head
19.12.22 L1 PSM Makassar VS PSIS Semarang 2:0
06.03.22 L1 PSM Makassar VS PSIS Semarang 2:1
22.11.21 L1 PSIS Semarang VS PSM Makassar 1:0
09.04.21 MPC PSIS Semarang VS PSM Makassar 0:1 (0:0)
27.11.19 L1 PSIS Semarang VS PSM Makassar 1:0
(UMI)
Berita Terkait
PT Vale Kolaborasi  PSM Gelar Talent Scouting dan Coaching Clinic di Luwu Timur
Sports
PT Vale Kolaborasi PSM Gelar Talent Scouting dan Coaching Clinic di Luwu Timur
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) berkolaborasi PSM Makassar mengadakan Talent Scouting dan Coaching Clinic untuk para talenta muda se-Luwu Timur di Lapangan Persesos sejak 7 sampai 9 Juni 2024. Program ini sebagai wujud komitmen dalam mendukung pengembangan sepak bola di Lutim.
Rabu, 12 Jun 2024 16:20
Dukung Sepak Bola Lutim, PT Vale & PSM Gelar Talent Scouting & Coaching Clinic
Sports
Dukung Sepak Bola Lutim, PT Vale & PSM Gelar Talent Scouting & Coaching Clinic
Talent Scouting dihadiri 204 peserta dari berbagai kelompok umur mulai U-16, U-18 hingga U-20. Sementara Coaching Clinic dihadiri 146 pemain Sekolah Sepak Bola (SSB) se-Lutim.
Rabu, 12 Jun 2024 15:30
Tak Dapat Lisensi Klub, PSM Makassar Tegaskan Tak Ada Hubungan Soal Finansial
Sports
Tak Dapat Lisensi Klub, PSM Makassar Tegaskan Tak Ada Hubungan Soal Finansial
Manajemen PSM Makassar menanggapi hasil Club Licensing Committee PSSI, dimana Juku Eja dinyatakan tidak memenuhi persyaratan untuk mendapatkan lisensi klub musim 2023/2024.
Jum'at, 17 Mei 2024 19:01
Comeback, PSM Makassar Berhasil Taklukkan PSIS Semarang
Sports
Comeback, PSM Makassar Berhasil Taklukkan PSIS Semarang
PSM Makassar berhasil memetik tiga poin sempurna saat menjamu PSIS Semarang dalam pekan ke-31 Liga 1 2023-2024 digelar di Stadion Batakan, Balikpapan, pada Selasa (16/4/2024) malam WIB. Tim Juku Eja berhasil menang dengan skor 3-1
Selasa, 16 Apr 2024 23:38
Melihat Lebih Dekat Motor Limited & Special Edition Livery PSM, Hanya 108 Unit
News
Melihat Lebih Dekat Motor Limited & Special Edition Livery PSM, Hanya 108 Unit
Asmo Sulsel meluncurkan motor limited dan special edition livery PSM pada sepeda motor Honda Scoopy dan Honda PCX CBS.
Senin, 04 Mar 2024 11:35
Berita Terbaru