Preview Persija vs PSM: Putus Rekor Buruk di Kandang Macan Kemayoran

Ahmad Muhaimin
Senin, 03 Jul 2023 07:00
Preview Persija vs PSM: Putus Rekor Buruk di Kandang Macan Kemayoran
Persija vs PSM. Foto: Sindonews
Comment
Share
MAKASSAR - PSM akan mengawali pekan perdana Liga 1 musim 2023/24 dengan menghadapi Persija Jakarta pada Senin (3/7) malam ini. Duel tim perserikatan ini akan dihelat di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

PSM selalu meraih hasil tak memuaskan di Liga 1 kala menghadapi Persija yang berstatus tuan rumah. Sejak musim 2017, Juku Eja tak pernah menang saat melawan Macan Kemayoran di hadapan Jakmania.

Deretan hasil tak memuaskan Juku Eja ialah imbang 2-2 atas Persija di musim 2017 dan 2018, imbang 0-0 di musim 2019. Kemudian kalah 3-1 di musim 2021/22 dan dilibas 4-2 di musim 2022/23.

Pelatih PSM, Bernardo Tavares sempat mengomentari perubahan jadwal laga Persija melawan timnya. Awalnya digadang-gadang sebagai pertandingan pembuka, namun diundur ke tanggal 3 Juli 2023.

Pertandingan sebelumnya dijadwalkan tanggal 1 (Juli), lalu pindah ke tanggal 2 (Juli), lalu ke tanggal 3 (Juli). Pertandingan besok saya berharap bahwa kita bisa menunjukkan permainan yang bagus, kita bisa bermain dengan baik, Persija bermain dengan baik, dan tim ketiga yang akan memimpin di lapangan akan menjalankan tugasnya dengan baik,” kata Bernardo dalam sesi konferensi pers, Ahad (2/7) kemarin.

Bernardo menilai, Persija ialah tim sempurna untuk sekelas Liga 1. Memiliki skuat pemain yang kuat, fasilitas yang memadai, stadion yang layak hingga suporter yang fanatik.

Pada laga malam ini, Bernardo mengusung misi untuk memutus rekor buruk kala menghadapi Persija di markasnya, khususnya di GBK. Pelatih asal Portugal ini bertekad meraih hasil positif di akhir pertandingan.

“Kita sudah lama tidak menang away di sini. Bahkan musim lalu, kita dapat kekalahan. Jadi ini akan jadi laga sulit bagi kita,” ucap Bernardo.

“Saya harap di akhir pertandingan besok, saya bisa merasakan bahwa anak asuh saya bisa memberikan yang lebih baik dari musim-musim sebelumnya,” sambugnya pelatih berkepala botak ini.


Pada laga perdana ini, PSM datang dengan komposisi pemain asing yang sudah komplit. Memiliki 5 pemain asing bebas dan satu asing Asean.

Sementara Persija belum komplit. Hanya mempertahankan satu pemain asing musim lalu Ondrej Kudela, dan mendatangkan Ryo Matsumura dan Marko Simic.

Mesi begitu, Bernardo tak melihat kondisi ini sebagai keuntungan. Bahkan menurutnya, pemain lokal di Indonesia juga tak kalah hebat ketimbang pemain asing yang didatangkan.

“Pemain asing tidak melihat bahwa ini sebuah keuntungan, bahwa mereka sama-sama manusia. Bahkan berpikir Indonesia pemain lokalnya lebih bagus dari pemain asing. Kita berharap bisa bermain 11 orang dan PSM bisa main 11 orang,” bebernya.

Bernardo mengakui, para pemain asing Persija memang memiliki rekam jejak yang lebih baik. Punya catatan CV yang mentereng, hingga pernah bermain di kompetisi yang berkualitas.

“Tapi ini tidak serta merta menggaransi kualitas tersebut. Ambisi para pemainlah yang akan mengubah jalannya pertandingan. Kita berharap pertandingan bisa berjalan dengan baik besok,” jelasnya.

Pemain PSM, Wiljan Pluim mengungkapkan dual ini akan menjadi pertandingan yang menarik. Pasalnya baik Juku Eja dan Macan Kemayoran menjadi tim yang menduduki papan atas di klasemen musim lalu.

“Karena duel besok ialah posisi 1 musim lalu melawan posisi 2, tapi itu tidak penting. Namun saya melihat ini akan menjadi pertandingan besar, stadion akan full. Tentu kita akan memberikan segalanya,” ungkapnya.

Pluim juga bertekad ingin mengukir catatan apik di akhir laga. Sejak membela PSM musim 2017, ia memang tak pernah menang atas Persija di markasnya.

“Dan bagi saya, saya sudah sejak di sini sejak 2017, dan kita berharap besok kita akan pulang untuk pertama kalinya bisa memenangkan pertandingan,” kuncinya.



Sementara itu, Persija tak akan turun dengan kekuatan penuh. Meski sudah memiliki 3 pemain asing, namun hanya satu saja yang bisa dimainkan yakni Ryo Matsumura.

“Memang kita masih kekurangan pemain asing. Presiden juga sudah bilang, kita memang sedang meyelesaikannya,” papar Pelatih Persija, Thomas Doll dalam sesi konferensi pers, kemarin.

Thomas dipastikan akan mengandalkan pemain lokal. Kudela tidak bisa main, karena sebelumnya telah mengalami cedera otot dan lutut kiri dan saat ini masih dalam pemulihan. Sementara Simic masih bermasalah dengan visanya.

“Lebih baik lengkap, tapi saya percaya untuk besok melawan PSM dengan pemain yang ada. Kita tidak favorit, tapi kita bisa main di depan Jakmania,” beber pelatih asal Jerman ini.

Thomas Doll berharap para pemain lokal bisa menunjukkan kualitasnya di lapangan. Apalagi ini merupakan laga perdana dan kembali bermain di GBK.

“Cuma Ryo (Matsumura) pemain asing yang besok bisa main dan pemain lokal bisa menunjukkan perkembangannya selama ini,” kuncinya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru