Jaring Atlet Berpotensi, Anggar Sulsel Gelar Kejurda Tahun 2023

Herni Amir
Senin, 26 Jun 2023 12:01
Jaring Atlet Berpotensi, Anggar Sulsel Gelar Kejurda Tahun 2023
Suasana pembukaan Kejuaraan Daerah Kejurda Anggar Sulsel. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Pengurus Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Sulsel, menggelar Kejuaraan Daerah untuk menjaring atlet berpotensi agar bisa bersaing di kejuaraan tingkat nasional.

Kejuaraan Daerah (Kejurda) Anggar Sulawesi Selatan tahun 2023 resmi dibuka oleh Wakil Ketua PB IKASI, Judis Wandarta di Mall Phinisi Point, Makassar, Sabtu (24/6/2023).



Kegiatan ini akan dilaksanakan selama empat hari yaitu dari tanggal 24 hingga 27 Juni 2023 dan diikuti oleh 15 kabupaten/kota se-Sulsel dengan jumlah total 135 atlet.

Kejurda ini mempertandingkan tiga jenis senjata yaitu degen, sable dan floret yang terbagi menjadi 20 nomor pertandingan masing-masing pra kadet, kadet, junior dan senior dan setiap nomor diikuti maksimal empat orang atlet.

Menariknya, pada Kejurda ini yang pertama kali dipertandingkan senjata sabel. Selama ini Sulsel hanya membina dua jenis senjata yaitu degen dan floret.

Dengan dipertandingkannya senjata sabel ini diharapkan terjadi pembinaan yang intens agar juga terlahir atlet yang mampu mewakili sulsel diajang nasional maupun internasional.

Ketua IKASI Sulsel, Rachmatika Dewi dalam sambutannya memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada kabupaten/kota yang aktif membina olahraga anggar di daerahnya masing-masing.

"Kegiatan bertujuan sebagai sarana untuk menjaring atlet-atlet yang berpotensial di lingkungan yang ada di Sulawesi Selatan yang diharapkan akan muncul potensi atlet yang kelak bisa diandalkan dan dibanggakan di berbagai event berskala nasional, regional dan internasional," harapnya.



Sementara itu, Kadispora Sulsel, Suherman dalam sambutannya juga sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, mengingat Cabor Anggar merupakan salah satu cabor andalan Sulawesi Selatan.

"Kami berharap agar olahraga anggar ini terus dimassalkan secara massif agar dapat melahirkan atlet-atlet yang dapat berprestasi ditingkat nasional bahkan internasional dan para atlet untuk tetap semangat dalam bertanding dalam meraih prestasi maksimal," ungkap Suherman.

Pembukaan Kejurda Anggar ini turut dihadiri jajaran KONI Sulsel beserta seluruh pengurus Pengprov IKASI Sulsel.
(GUS)
Berita Terbaru