38 Atlet dari 5 Cabang Olahraga Siap Tampil di Kejurda 2023

Chaeruddin
Kamis, 15 Jun 2023 19:57
38 Atlet dari 5 Cabang Olahraga Siap Tampil di Kejurda 2023
FOTO : Kepala Dispora Luwu, Sakri, melaporkan kesiapan atlet Luwu mengikuti Kejurda Pelajar 2023 di Makassar, pekan depan. Foto: Chaeruddin
Comment
Share
LUWU - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Luwu memboyong 38 atlet turun bertanding di Kejuaraan Daerah (Kejurda) Pelajar 2023 di Kota Makassar, Senin - Kamis/ 19 - 22 Juni, pekan depan.

Kepala Dispora, Sakri, telah melaporkan persiapan para atlet ke Bupati Luwu, Basmin Mattayang. "Kemarin sudah kami laporkan ke Pak Bupati, beliau memberikan restu dan mendoakan," ujarnya, Kamis, (15/6/2023).



Rencananya, pelepasan atlet Kejurda Pelajar 2023 dari Kabupaten Luwu dilaksanakan Jumat, (16/6/2023) di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Luwu, Ba'dah Sholat Jumat.

"Kejurda Pelajar 2023 diikuti 38 atlet, yakni, atlet Karate 6 orang, Atletik 8 orang, Taekwondo 8 orang, Basket 11 orang dan Panahan 3 orang. Rencana dilepas Bupati Luwu, Jumat besok di Rujab," ujarnya.

Disinggung target medali, Sakri, tidak ingin sesumbar. "Saya tekankan ke para atlet, jangan permalukan Luwu, target tentu juara, kalah pun dengan terhormat," cetusnya.

Kejurda Pelajar 2023 secara nasional sasaran seluruh komponen yang berhubungan dalam rangka pembinaan atlet pelajar yang berusia 18 Tahun ke bawah dengan batas kelahiran mulai 1 Januari 2005 dan sesudahnya.

Komponen sentra olahraga adalah pelajar yang masih aktif sebagai peserta didik kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan dan atlet-atlet yang berada di Sentra Pembinaan dan Pelatihan Pelajar Daerah yang merupakan utusan Kabupaten/Kota.

Sesuai jadwal oleh panitia, Kejura Pelajar 2023 menggunakan 6 lapangan, masing-masing, pertandingan Cabor Atletik dilaksanakan di Lapangan Atletik Madya Sudiang Makassar.

Basket di GOR Mattoangin / GOR Aspol Panaikang Makassar, Panjat Tebing di Lapangan Hasanuddin Makassar, Sepak Takraw di Hall SMANKO Makassar, Taekwondo di GOR Sudiang Makassar, Panahan di Lapangan PPLP Makassar dan Cabor Karate di GOR Sudiang Makassar.

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Luwu, Emil Hamzah, menambahkan tujuan pelaksanaan Kejurda Pelajar 2023 sebagai event olahraga pelajar yang merupakan titik awal pembinaan prestasi olahraga pelajar daerah dengan siklus kegiatan 2 (dua) tahunan.



"Sesuai disampaikan Kepala Dispora Provinsi, event bertujuan memberi kesempatan bertanding kepada atlet-atlet olahraga pelajar daerah dalam mengukur dan mengevaluasi hasil pembinaan latihan atlet olahraga pelajar di daerah," ujarnya.

"Kedua, memacu, menyalurkan bakat dan memotivasi secara optimalisasi pengembangan potensi atlet pelajar, selanjutnya pencarian atlet pelajar potensial, sebagai TalentScouting menuju prestasi puncak di POPNAS 2023," lanjut Emil.

Tujuan lain memupuk dan menjalin rasa persahabatan dan persaudaraan serta mempererat rasa persatuan dan kesatuan dikalangan atlet olahraga pelajar.

Tersedianya wahana dan sarana pemanduan bakat olahraga pelajar yang akan dibina di sekolah, khususnya atlet olahraga pelajar dan upaya menghadirkan rekor-rekor daerah, Nasional| hingga Internasional.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru