Timnas Indonesia Dihantui Rekor Buruk saat Dijamu Vietnam

Agus Nyomba
Selasa, 26 Mar 2024 11:06
Timnas Indonesia Dihantui Rekor Buruk saat Dijamu Vietnam
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dalam jumpa pers jelang lawan Vietnam. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Timnas Indonesia akan menantang Vietnam pada grup F babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua di Stadion My Dinh, Hanoi, malam ini.

Laga ini diprediksi bakal sulit untuk Tim Garuda, karena dihantui rekor buruk saat bertandang di markas The Golden Star. Mereka belum pernah menang sejak 20 tahun terakhir saat bertanding di hadapan pendukung Vietnam.



Meski Timnas Indonesia mengusung misi untuk mendapatkan poin agar tim asuhan Shin Tae-yong bisa mempertahankan posisi mereka di klasemen sementara Grup F, sekaligus menjaga asa lolos ke putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Terakhir kali Indonesia bermain di My Dinh adalah ketika melakoni leg kedua babak semifinal Piala AFF 2022, di mana Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan takluk dengan skor 0-2 dari tuan rumah.

Indonesia setidaknya membutuhkan hasil imbang pada pertandingan nanti, untuk mengamankan peringkat kedua klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua.

Untuk meraih hasil maksimal pelatih Timnas Indonesia sudah menyiapkan skuatnya dengan baik. Bahkan beberapa pemain dipanggil untuk memperdalam tim yakni Muhammad Ferarri dan Rachmat Irianto. Mereka menyusul tim ke Hanoi pada Minggu, (24/03/2024).

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tas-yong menyatakan akan berusaha memecahkan rekor baru untuk timnya. Rekor itu dengan pertama kalinya kalahkan Vietnam di Hanoi sejak 20 tahun terakhir.

Shin Tae-yong mengatakan Timnas Indonesia memang punya catatan buruk saat bermain di kandang Vietnam. Namun, dia pastikan dalam sepak bola segala kemungkinan bisa saja terjadi, apalagi timnya jauh lebih baik saat ini.

"Statistik selalu bisa berubah," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers, Senin (25/3/2024).

Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan timnya sangat bersemangat untuk memutus catatan buruk dalam 20 tahun itu. Hal itu sebagai bukti Timnas Indonesia mampu mencatatkan kembali rekor apik dengan komposisi tim saat ini.



"Kami yakin kali ini kami bisa memecahkan rekor-rekor lama untuk menciptakan tonggak sejarah baru bagi sepak bola Indonesia," ujarnya.

Shin Tae-yong mengatakan timnya untuk mengalahkan Vietnam memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dia pastikan Timnas Indonesia akan bekerja keras sepanjang 90 menit demi meraih kemenangan. "Pertandingan besok bisa dianggap sebagai pertandingan terpenting tahun ini dan kami datang ke sini untuk menang," katanya.

Untuk meraih hasil maksimal Timnas Indonesia punya amunisi yakni dua pemain naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, kemungkinan besar sudah bisa bermain menghadapi tuan rumah di pertandingan nanti.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru