Sulsel Tuan Rumah Kompetisi Bola Basket Korpri Cup 2023 se-Indonesia Timur

Gusti Ridani
Senin, 06 Mar 2023 18:13
Sulsel Tuan Rumah Kompetisi Bola Basket Korpri Cup 2023 se-Indonesia Timur
Kadispora Sulsel, Herman bersama panitia pelaksana Basket Korpri Cup 2023 serta perwakilan dari Sulbar dan Papua Barat, Senin (6/3/23). Foto/Gusti Ridani
Comment
Share
MAKASSAR - Pertama kalinya digelar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dipilih menjadi tuan rumah kompetisi bola basket Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Cup 2023 se-lndonesia Timur. Peserta dipastikan berstatus sebagai ASN/PNS dilihat dari SK Kepegawaian.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulsel, Herman, mengatakan rangkaian kegiatan akan digelar pada 7-12 Maret 2023 mendatang. Event olahraga ini akan digelar di GOR Universitas Ciputra Makassar, kawasan CPI. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan kawasan CPl yang menjadi salah satu ikon Sulsel di Makassar.



"Tanggal 7 akan dilakukan gala dinner. Besoknya tanggal 8 baru dilakukan technical meeting paginya. Lanjut pembukaan siang hari langsung pertandingan basket 5x5," ujarnya, Senin (6/3/23).

Diketahui ada 10 provinsi yang siap ikut dalam kejuaraan ini, di antaranya, Sulsel, Sulbar, Sulteng, Sultra, Sulut, Gorontalo, Papua, Papua Barat, Papua Selatan, Papua Tengah. Dengan terlaksananya event ini diharapkan Sulsel dapat masuk dalam kejuaraan Pornas KORPRI yang akan digelar di Semarang bulan Juli mendatang.

"Kita berharap agar ini bisa berkembang dan bisa masuk Pornas KORPRI," ucap Herman.

Selain itu, kejuaraan basket Kopri ini diharapkan bisa jadi ajang silaturahmi antara ASN yang ada. Juga tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan atlet di Sulsel agar bisa memperkuat tim Sulsel untuk menghadap Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Jadi dengan ASN ini bukan hanya bertanding, membawa nama Kopri. Tapi, begitu mereka masuk dalam event perlombaan kemudian punya prestasi bagus, pasti kita tarik untuk perkuat tim yang berlaga di PON, tentunya untuk tim lain juga seperti itu," bebernya.

Sementara itu, Panitia Basket KORPRI Cup 2023, Irwan mengatakan, sebenarnya pihaknya menarget 15 provinsi, namun yang terdaftar hanya sepuluh. "Ada beberapa yang tidak ikut seperti Bali, Nusa Tenggara Barat hingga Nusa Tenggara Timur," ungkapnya.

Adapun untuk wasit, yang akan mengatur pertandingan nantinya berstandar nasional. Ia juga menekankan, bahwa even ini murni inisiasi dari KORPRI Sulsel dan bukan bagian dari Pornas.

Dengan itu, diharapkan kegiatan ini bisa rutin digelar di provinsi yang berbeda. Agar terus berjalan secara berkesinambungan. "Nanti kita bicarakan apakah event ini akan dilakukan setiap tahun ataupun per 3 tahun. Kita upayakan untuk tetap berkesinambungan," kata Irwan.



Untuk hadiahnya, karena dana yang digunakan berasal dari APBD maka, selain piala, untuk juara 1 hadiahnya Rp7 juta, juara dua hadiahnya Rp5 Juta dan juara 3 hadiahnya Rp4 Juta. ia menekankan hadiah yang diberikan tidak begitu besar karena memang event ini lebih ke bagaimana membangun silaturahmi.

"Tidak terlalu besar tapi ada nilai yang kita dapatkan yakni kolaborasi ASN Indonesia Timur," pungkasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru