KIDC 1 Dekade Drag Race Kejurprov Target 800-an Peserta, Hadiah Ratusan Juta

Luqman Zainuddin
Rabu, 05 Jun 2024 21:01
KIDC 1 Dekade Drag Race Kejurprov Target 800-an Peserta, Hadiah Ratusan Juta
Press conference pelaksanaan ajang balap KIDC 1 Dekade Drag Race Kejuaraan Provinsi Seri-1, Rabu (4/6/2024). Foto: SINDO Makassar/Luqman Zainuddin
Comment
Share
MAKASSAR - Ajang balap KIDC 1 Dekade Drag Race Kejuaraan Provinsi Seri-1 akan berlangsung akhir pekan ini, 8 dan 9 Juni 2024 di Landasan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulsel.

Kejuaraan ini mempertandingkan empat kategori kelas, yakni Kelas Kejurprov IMI Sulsel, Bracket Supporting, Modified Stock, dan Pro Modified. Khusus ajang ini, penyelenggara menghadirkan kelas khusus.

"Ada empat kategori kelas yang dibuka secara umum dengan syarat utama memiliki izin start. Event kali ini spesial, dibuka kelas khusus untuk member KIDC," beber Pimpinan Perlombaan Abdul Rahman saat press conference, Rabu 5 Juni di Kota Makassar.

KIDC atau Kinship In Driving Indonesia merupakan penyelenggara balapan drag race ini. Ajang ini juga sekaligus menjadi peringatan satu dekade komunitas mobil yang sudah memiliki 47 chapter dengan 400 lebih member ini.

KIDC 1 Dekade Drag Race Kejuaraan Provinsi Seri-1 menyiapkan total hadiah uang tunai Rp160 juta. Penyelenggara juga menyiapkan satu unit sepeda motor bagi juara umum.



"Syarat menjadi juara umum adalah harus mengikuti dua kelas poin dan tiga kelas bebas," sambung Rahman.

Sama seperti event sebelumnya, drag race ini ditargetkan mampu menyerap 800 lebih starter. Khususnya ada lebih banyak peserta asal Sulsel sebagai tuan rumah.

"Kita harap pembalap dari Sulsel, khususnya bisa jadi terfavorit, bisa menjaurai," pungkas Rahman.

Promotor Balapan Irsan Sayuti menjelaskan peserta yang sudah mendaftar berasal dari beberapa provinsi di Indonesia. Walaupun pesertanya masih didominasi member dari komunitas KIDC.

"Ajang ini adalah kesepakatan dari kami sebagai leader KIDC bekerja sama menyelenggraakan event ini," sebut Irsan.

Baca juga: Pembalap Palu Jawara Suryanation Drag Race Kejurprov Putaran Kedua 2023

Irsan berharap, ajang ini dapat menumbuhkembangkan minat anak-anak muda Sulsel pada bidang otomotif. Sekaligus menciptakan bibit atlet baru yang bisa mewakili Sulsel ke ajang nasional, atau bahkan lebih tinggi lagi.

"Ajang ini untuk menyemangati lagi anak-anak Makassar jiwanya membalap lagi, daripada balap liar. Sehingga ke depan ada bibit atlet yang bisa dibawa ke Kejurnasm" beber Irsan.

Di sisi lain kata Irsan, ajang ini juga menjadi kesempatan bagi penyelenggara untuk mendorong pemerintah atau pihak terkait untuk menghadirkan sirkuit representatif di Sulsel. Khususnya untuk ajang balap drag race.

Apalagi pada pembukaan kegiatan nantinya, beberapa tokoh direncanakan hadir. Mulai dari Panglima Lanud, Kapolda Sulsel, Bupati dan Wakil Bupati Maros, hingga Ketua IMI Sulsel.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru