WR III Dukung Penuh Turnamen Nasional Panjat Tebing UMI, Berhadiah Rp70 Juta

Ahmad Muhaimin
Senin, 10 Jun 2024 19:20
WR III Dukung Penuh Turnamen Nasional Panjat Tebing UMI, Berhadiah Rp70 Juta
Mapala UMI Makassar akan menggelar lomba panjat tebing tingkat nasional atau National Climbing Competition II yang dipusatkan di Kampus UMI pada 1 sampai 4 Juli 2024. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Muslim Indonesia (Mapala UMI) Makassar akan menggelar lomba panjat tebing tingkat nasional atau National Climbing Competition II yang dipusatkan di Kampus UMI pada 1 sampai 4 Juli 2024. Kegiatan ini pun mendapat dukungan penuh dari pihak kampus.

Wakil Rektor III UMI Makassar, Nurfadillah Mappaselleng menyambut baik event nasional ini. Pihaknya pun akan memberikan dukungan penuh pelaksanaan turnamen ini melalui penyediaan fasilitas.

"Kami berharap kegiatan ini membawa nama baik dan memberikan citra yang baik untuk UMI. Fasilitas cukup memadai, gunakan sebaik-sebaiknya. Saya mewakili rektor menyambut baik kegiatan ini," kata Nurfadillah dalam sesi konferensi pers di Kampus UMI Makassar pada Senin (10/06).



Apalagi kata dia, kegiatan ini merupakan kerinduan bagi mahasiswa pencipta alam, karena Mapala UMI sempat vakum kurang lebih lima tahun. Dia berharap melalui kegiatan panjat tebing ini, UMI bisa berjaya di level nasional.

"InsyaAllah UMI lebih bisa berjaya di kancah nasional melalui Mapala. Saya punya insting ini kegiatan yang sudah lama dinantikan berjalan dengan baik," ujarnya.

Ketua Umum Mapala UMI Makassar, Richard M. Nur Pombo mengungkapkan kegiatan event nasional tersebut merupakan rangkaian Milad UMI Makassar ke 70 tahun pada 23 Juni 2024. Sehingga total hadiah yang disiapkan sebanyak Rp70 juta.

Richard menyebut, selain pihak kampus, kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pihak Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sulsel. Mapala UMI juga turut menggandeng Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Makassar.

“Pertama kita laksanakan tahun 2005, dan Alhamdulillah kali ini kita laksanakan di Kampus UMI yang bersifat nasional. Alhamdulillah beberapa kegiatan didukung penuh pihak kampus, didukung FPTI Sulsel, didukung FPTI Pusat,” ungkap Richard.

Ketua Panitia National Climbing Competition ke II Mapala UMI Makassar, Ahmad Lubis menambahkan persiapan lomba ini sudah mencapai 70 persen. Ia mempredeksi pendaftar akan mencapai 200 atlet untuk empat kategori. Pendaftaran akan ditutup pada 28 Juni 2024.

"Biasanya pendaftar membludak H-7 sampai H-4. Ini sudah beberapa provinsi yang mengkonfirmasi kesiapannya untuk hadir. Bahkan senior Mapala UMI tahun 90-an siap meneriahkan kegiatan ini," imbuhnya.



Adapun Ketua DPD KNPI Kota Makassar, Hasrul Kaharuddin menjelaskan alas an pihaknya terlibat dalam kegiatan nasional ini. Ia mengaku keterlibatannya tak lepas dari hubungan senior dan junior di UMI Makassar.

"Kami memang merupakan alumni S1 dan S2 UMI Makassar. Sebagai alumni, tentu kami ingin memberikan perhatian khusus kepada kampus kami sendiri," papar Hasrul.

"Kami punya anggaran, jadi kami berpikir kenapa tidak memberikan kontribusi kepada kampus sendiri. Tapi soal teknis, kami memberikan kewenangan sepenuhnya kepada Mapala UMI. Kami harap kerja sama ini bukan yang pertama dan terakhir di UMI," kuncinya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru