Mandiri Basket 3x3 Gali Potensi Atlet Muda Makassar

Agus Nyomba
Sabtu, 06 Jul 2024 17:51
Mandiri Basket 3x3 Gali Potensi Atlet Muda Makassar
Dua tim basket di Makassar bersaing untuk lolos di babak final Mandiri Basket 3x3 Indonesia Tournament 2024 yang digelar di Mall GTC Makassar 5-7 Juli 2024. Foto:Agus Nyomba/Sindo Makassar
Comment
Share
MAKASSAR - Ajang turnamen Basket Mandiri 3x3 Indonesia Tournament 2024, yang digelar di regional Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, menjadi momentum untuk menggali potensi atlet muda berbakar di daerah ini.

Turnamen berlangsung meriah di Mall GTC, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar sejak 5-7 Juli 2024 ini, diikuti oleh sekitar 86 tim basket yang ada di Kota Makassar. Mereka memperebutkan juara pertama dari empat kelompok umur yang dipertandigkan.



Yakni pertama kelompok umur U-12, kemudian kelompok umur U-15, U-18 dan U-23. Mereka akan beradu skil agar bisa menjadi yang terbaik di kelasnya masing-masing.

Chaerul Anwar Azis, Tournament Manager Mandiri 3x3 Indonesia Tournament 2024 mengatakan, untuk tahun ini sudah ada penambahan kelompok usia yang dipertandingkan yakni U-12 dan U-15 yang di mana tahun sebelumnya tidak ada. "Ini untuk mendukung program PP Perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) untuk pengembangan bibit muda pemain basket," katanya saat ditemui di Makassar, Sabtu, (06/07/2024).

Dirinya menjelaskan, turnamen yang digelar di Makassar untuk tahun ini merupakan yang kedua setelah sebelumnya digelar di Kota Medan Sumatera Utara. Di sana kata dia ada sekitar 129 tim yang ikut pada ajang Basket Mandiri 3x3 ini.

"Khusus di Makassar, kami sangat kagum dengan talenta muda yang bertanding, mereka semua punya potensi besar," katanya.

Pihaknya kata dia sebagai penyelenggara dari PT Supersport Sensation (SSS) International didukung penuh oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan Perbasi sebagai regulator. "Kami juga melibatkan Pengprov Perbasi Sulsel dan Makassar dan ini kita lakukan di tiap daerah," lanjutnya.

Untuk tahun ini kata dia, juara pada tiap kelompok usia tidak lagi dipertandingkan pada tingkat nasional, karena berbagai alasan. Salah satunya karena pihaknya sudah melakukan kegiatan tersebut di luar pulau Jawa.



Pelatih Basket Tim Sambaki Makassar yang tampil di ajang tersebut yakni Erick Saputra Kusuma mengatakan, turnamen basket ini sangat bagus untuk para atletnya untuk mengasah potensi mereka selama ini. "Basket 3x3 ini saat ini memang punya banyak peminat di Makassar, dan turnamen seperti ini sangat bagus untuk pengembangan para atlet," kata dia.

Dirinya menjelaskan, pada turnamen ini dia mempersiapkan empat tim yang ikut serta dengan kelompok usia berbeda-beda. "Termasuk kami ikut di usia U-23, karena atlet dipersiapkan diberbagai ajang, apalagi persaingan di event ini cukup ketat karena memang basket Makassar sangat berkembang," katanya.

Untuk itu, dirinya berharap karena tingginya antusias masyarakat pada basket 3x3 ini sehingga bisa terbentuk liga basket khusus 3x3. "Karena kita tau bahwa saat ini sudah dipertandingan bahkan sampai di Olimpiade. Namun kita di Indonesia belum ada liganya," katanya.

Pengurus Perbasi Makassar Wahyu Hidayat bersyukur dengan adanya event Basket Mandiri 3x3 Turnamen di Makassar. "Karena ini jadi ajang untuk para atlet muda memperlihatkan kemampuannya, sehingga diharapkan turnamen seperti ini sering dilakukan," katanya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru