Diusung 3 Parpol, Pasangan Isrullah-Usman Bentuk Poros Baru di Pilkada Lutim 2024

Ahmad Muhaimin
Rabu, 14 Agu 2024 17:46
Diusung 3 Parpol, Pasangan Isrullah-Usman Bentuk Poros Baru di Pilkada Lutim 2024
Dua tokoh yakni Isrullah Achmad dan Usman Sadik resmi berpaket di Pilkada Luwu Timur 2024. Pasangan tagline Beriman ini siap masuk arena dan membentuk poros ketiga. Foto: Muhaimin
Comment
Share
MAKASSAR - Dua tokoh yakni Isrullah Achmad dan Usman Sadik resmi berpaket di Pilkada Luwu Timur 2024. Pasangan tagline Beriman ini siap masuk arena dan membentuk poros ketiga.

"Setelah saya berkoordinasi dengan Pak Isrullah, kami menetapkan bersepakat maju itu tanggal 12 Agustus. Kebetulan saja saya lahir tanggal 12 Agustus, jadi momen itu kita gunakan untuk bersepakat maju," kata Usman kepada awak media di Makassar pada Rabu (14/08/2024).

Paket ini menjadi pasangan ketiga yang terbentuk sekaligus poros baru di Pilkada Lutim 2024. Isrullah merupakan Komisaris PT Citra Lampia Mandiri (CLM), sedangkan Usman ialah Ketua DPD PAN Lutim sekaligus Wakil Ketua DPRD Lutim.

Sebelumnya sudah ada petahana Budiman-Akbar Andi Leluasa yang akan diusung PDIP 10 kursi, Golkar 4 kursi dan Gerindra 2 kursi.

Kemudian Irwan Bachri Syam-Puspawati yang akan diusung Nasdem 7 kursi dan Hanura 1 kursi.

Meski pasangan ini telat menyatakan maju, Paket Isrullah-Usman sejatinya sudah siap tempur. Mereka sudah mengamankan tiket dari tiga parpol.

"Kami sudah dapatkan rekomendasi PAN, PKS dan PKB. Di Luwu Timur hanya mempersyaratkan 7 kursi, Alhamdulillah kursi yang kami kumpulkan ini sudah lebih," ujar Usman.

PAN memiliki 5 kursi, PKS 2 kursi dan PKB 1 kursi. Total 8 kursi telah dikantongi pasangan ini.

Meski sudah mencukupkan kursi, pasangan ini tetap membuka ruang kepada parpol lain. Ada tiga partai yang sedang dijajaki yakni Gelora, PPP dan Demokrat yang masing-masing punya 1 kursi.

"Kami tidak akan meninggalkan partai yang punya kursi kecil, kami menghargai itu. Makanya kami melakukan komunikasi dengan ketiga partai ini, Gelora, PPP dan Demokrat," tuturnya.

Ketua DPD PAN Lutim ini sudah menghitung sejumlah resiko jika maju di Pilkada 2024. Termasuk posisinya sebagai anggota DPRD Lutim terpilih, yang juga berpeluang kembali duduk sebagai Wakil Ketua DPRD periode selanjutnya.

Usman juga menyampaikan alasannya memilih sebagai calon Wakil Bupati Lutim. Meski dirinya punya pengalaman politik lebih mumpuni.

"Politik itu kan kompromi, Pak Isrullah sebagai pengusaha, putra asli Luwu Timur kelahiran Wotu. Bapaknya Malili. Sementara saya Towuti, kami tidak melihat siapa 01 siapa 02. Tapi bagaimana membangun Luwu Timur ke depan," jelasnya.

Jubir Isrullah-Usman, Wahyu Maizal menambahkan pasangan ini akan segera mengukuhkan timnya dalam waktu dekat. Selain itu, juga akan dilakukan deklarasi jelang pendaftaran ke KPU.

"Kami akan mengukuhkan tim pemenangan di tanggal 17 Agustus, bertepatan dengan HUT Kemerdekaan. Kemudian tanggal 27 Agustus, kita akan deklarasi sekaligus melakukan pendaftaran ke KPU," jelasnya.
(UMI)
Berita Terkait
KPU Sulsel Tingkatkan Kapasitas SDM Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan
Sulsel
KPU Sulsel Tingkatkan Kapasitas SDM Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan
KPU Sulsel terus melakukan upaya untuk memastikan penyelenggaraan Pilkada serentak 2024 yang akan digelar pada 27 November mendatang berjalan dengan lancar.
Rabu, 18 Sep 2024 10:41
Serukan Pilkada Damai, Kapolda Sulsel Bagikan Sembako ke warga Pulau Lae-lae
News
Serukan Pilkada Damai, Kapolda Sulsel Bagikan Sembako ke warga Pulau Lae-lae
Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian Djajadi melakukan kunjungan ke Pulau Lae-lae, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, guna bertemu langsung dengan masyarakat setempat, Senin, (16/9/2024).
Senin, 16 Sep 2024 19:39
Bawaslu Lutim Perketat Pengawasan Penggunaan Fasilitas Negara untuk Kegiatan Politik
Sulsel
Bawaslu Lutim Perketat Pengawasan Penggunaan Fasilitas Negara untuk Kegiatan Politik
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Luwu Timur (Lutim) terus meningkatkan pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh bakal pasagan calon (Paslon). Termasuk pengukuhan tim sukses yang kini gencar dilakukan menjelang Pilkada 2024.
Minggu, 15 Sep 2024 13:26
KPU Lutim Gelar Bimtek KPPS, Persiapan Matang Sukseskan Pilkada 2024
Sulsel
KPU Lutim Gelar Bimtek KPPS, Persiapan Matang Sukseskan Pilkada 2024
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Timur menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam rangka menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024.
Minggu, 15 Sep 2024 12:04
Bawaslu Lutim Ingatkan Bupati Tak Manfaatkan Wewenang Politik di Pilkada 2024
Sulsel
Bawaslu Lutim Ingatkan Bupati Tak Manfaatkan Wewenang Politik di Pilkada 2024
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Timur, Sukmawati Suaib menegaskan pentingnya netralitas dalam Pilkada 2024, terutama bagi pejabat publik yang memiliki afiliasi politik.
Minggu, 15 Sep 2024 10:23
Berita Terbaru