Mengenal Sosok Fatmawati Rusdi Pendamping Andalan, Wawalkot Perempuan Pertama di Makassar

Tim Sindomakassar
Jum'at, 16 Agu 2024 20:01
Mengenal Sosok Fatmawati Rusdi Pendamping Andalan, Wawalkot Perempuan Pertama di Makassar
Bakal Calon Wakil Gubernur Sulsel, Fatmawati Rusdi. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Hj Fatmawati Rusdi, sosok wakil wali kota perempuan pertama di Makassar, kini memutuskan untuk mendampingi Andi Sudirman Sulaiman (ASS) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2024.

Sepak terjang istri dari Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse ini, tak perlu diragukan lagi. Sejumlah jabatan mulai dari legislatif hingga eksekutif sudah diembannya, di antaranya anggota Komisi V DPR RI periode 2014-2018 hingga Wakil Wali Kota Makassar.

Fatmawati yang lahir pada 9 Mei 1980 di Kota Parepare, merupakan sosok perempuan kuat yang cinta akan keluarga di samping aktif meniti karier.

Bahkan saat suaminya menjabat Bupati Sidrap periode 2008-2018, Fatmawati banyak membuat terobosan sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sidrap. Mulai dari peningkatan mutu pendidikan anak, peningkatan kesejahteraan rakyat, peningkatan intelektualitas, hingga pemberantasan buta aksara Al Qur’an.

Fatmawati menginisiasi program pemberantasan buta aksara melalui Melek Al-Qur'an. Program ini tidak memandang usia, mulai anak-anak, remaja, hingga dewasa. Semua tersentuh. Banyak tokoh agama melontarkan pujian.

Selama Fatmawati menjabat sebagai Ketua Forum Kabupaten Sehat, penghargaan demi penghargaan terus diraih Kabupaten Sidrap. Diawali tahun 2011, Sidrap meraih penghargaan Swasti Saba Padapa, 2013 meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda, dan 2015 berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Wistara, penghargaan tertinggi nasional untuk Kabupaten/kota sehat.

Perannya saat duduk di Senayan sebagai anggota DPR RI juga tak perlu diragukan. Fatmawati yang bertugas di Komisi V, membidangi perhubungan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, pembangunan pedesaan, dan kawasan tertinggal, dia optimalkan untuk banyak membantu program Pemerintah Kabupaten Sidrap.

Banyak pembangunan di Sidrap tak lepas dari perjuangan ibu dari lima anak ini. Sebut saja Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang begitu bermanfaat bagi masyarakat. Infrastruktur jalan juga dia perjuangankan.

Bermodal pengalaman, niat tulus, serta integritas tinggi, dan merakyat, kini Fatmawati menjadi salah satu kandidat yang maju untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel periode 2024-2029. Fatmawati dipercaya mendampingi petahana Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Banyak yang menilai keduanya pasangan sangat ideal untuk memimpin Sulsel ke depan. Andalan sebagai incumbent memiliki pengalaman yang tidak diragukan lagi di birokrasi, keagamaan, dan infrastruktur, sementara Hj Fatmawati Rusdi bakal memperkuat sektor kesehatan, pendidikan, dan ekonomi untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru