Dorong Kemajuan Ekonomi di Gowa, Adnan Minta Masyarakat Dukung IKN

Herni Amir
Senin, 19 Agu 2024 16:12
Dorong Kemajuan Ekonomi di Gowa, Adnan Minta Masyarakat Dukung IKN
Bupati dan Wakil Bupati Adnan Purichta Ichsan-Abd Rauf Malaganni pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia di Taman Sultan Hasanuddin. Foto: SINDO Makassar/Herni Amir
Comment
Share
GOWA - Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan meminta seluruh masyarakat agar mampu mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN) yang saat ini sedang dibangun di Kalimantan.

Hal itu disampaikan Adnan saat malam resepsi kenegaraan yang menjadi puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia di Taman Sultan Hasanuddin, Sungguminasa, Sabtu 17 Agustus malam.

Menurut bupati dua periode itu, dengan keberadaan IKN di Kalimantan, maka Sulsel dan Kabupaten Gowa akan menjadi salah satu daerah penyangga sehingga akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

"Pemerintah mengangkat tema Nusantara Baru, Indonesia Maju, kita berharap Sulawesi Selatan, Kabupaten Gowa mampu menangkap peluang itu. Terlebih Sulsel adalah lumbung pangan, maka kita harus persiapkan Kabupaten Gowa di masa yang akan datang untuk menjadi penopang IKN khususnya dalam kebutuhan pangan," sebut Adnan.

Ibu Kota Nusantara (IKN)sendiri saat ini memang diproyeksi selesai tahun 2035 mendatang. Butuh 11 tahun lagi untuk bisa melihat sempurnanya pembangunan IKN sebagai ibu kota baru Indonesia.

Meski demikian, kehadiran IKN ini diyakini mampu menjadi lokomotif bergeraknya ekonomi kabupaten kota atau provinsi di bagian timur Indonesia.

Karena itu lanjut Adnan, dalam momen HUT RI ini ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan. Yang pertama tentu saja IKN ibu kota baru, kemudian transisi kepemimpinan dan transisi besar menuju Indonesia maju.

"Kalau kita lihat dari tiga hal ini, sudah berkesesuaian dengan momentum yang akan kita hadapi beberapa bulan ke depan. Salah satunya, Pilkada serentak pada 27 November di mana dibutuhkan keberlanjutan pembangunan," katanya.

Dia berharap melalui momentum kemerdekan, semua yang akan jadi calon baik calon bupati maupun calon gubernur mampu merumuskan visi dan misi dalam rangka keberlanjutan pembangunan. Apalagi di tahun 2025 telah disusun rencana jangka pembangunan dari tahun 2025 sampai tahun 2045.

Dirinya juga berterima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada karena telah ikut berpartisipasi dan mendukung program pemerintah selama menjabat sebagai kepala daerah.

"Kurang lebih delapan tahun saya menjadi inspektur upacara 17 Agustus dan mengikuti malam resepsi kenegaraan dan ini menjadi tahun terakhir saya dalam kapasitas sebagai Bupati Gowa dan pada tahun depan bulan Agustus akan ada bupati yang baru. Terima kasih atas dukungan, doa dan partisipasinya selama ini sehingga alhamdulillah Gowa mampu menorehkan prestasi dan penghargaan sebanyak 224 di bawah kepemimpinan kami bersama Pak Wabup Abdul Rauf Malaganni," sebutnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru