TPA Bontoramba Maros Terbakar, 11 Armada Damkar Diturunkan

Najmi S Limonu
Jum'at, 06 Sep 2024 13:09
TPA Bontoramba Maros Terbakar, 11 Armada Damkar Diturunkan
Kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Bontoramba yang terbakar. Foto: SINDO Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Bontoramba, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros terbakar sejak Kamis pagi, sekitar pukul 09.10 Wita.

Kepala Satuan Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Maros, Eldrin Saleh mengatakan, laporan kebakaran di TPA tersebut diterima pihak Damkar sekitar 09.10 Wita.

"Laporannya kami terima dari Dinas Lingkungan Hidup pada pukul 09. 10 Wita. Mereka menginformasikan kalau di TPA, terjadi kebakaran," ujarnya.

Dengan adanya laporan tersebut, Mantan Sekwan tersebut meminta petugas untuk meluncur untuk memadamkan api di TPA.

"Petugas damkar mulai pagi ke lokasi saat ada laporan, dan petugas baru kembali setelah sore hari karena api mulai bisa dikuasai," ujarnya.

Namun kata Eldrin, petugas kembali ke TPA pada malam hari sekitar pukul 20.00 Wita, karena ada laporan yang masuk dari pihak DLH jika TPA Bontoramba kembali terbakar.

"Petugas Damkar kembali meluncur ke TPA, karena ternyata api menyala lebih besar dari sebelumnya. Api baru dapat dikuasai sekitat pukul 02.30 Wita. Di waktu ini, kondisi sudah mulai aman, sehingga petugas mulai meninggalkan lokasi TPA," ungkapnya.

Eldrin menambahkan, untuk memadamkan api di TPA yang seluas 50 are sekitar 11 armada kebakaran diturunkan.

"Kemarin pagi sekitar 3 armada, lalu malam harinya juga 3 armada, dan pagi ini karena masih ada asap tebal yang dapat memicu kebakaran, maka kami kembali menurunkan 4 armada pemadam kebakaran plus 1 unit armada bantuan dari DLH," ujarnya.

Eldrin menduga, faktor cuaca yang cukup ekstrem beberapa hari terakhir memicu kebakaran di TPA. Apalagi timbunan plastik yang mudah terbakar.

"Endapan pelastik yang panas ini memicu kebakaran. Apalagi kalau pelastik yang terbakar itu asapnya sangat tebal. Jadi sangat susah," jelasnya.

Untuk menghindari kebakaran lebih banyak kata Eldrin, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok di sembarang tempat.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru