Antusiasme Guru & Siswa SMAN 10 Gowa Ikuti Pelatihan Keamanan Siber dari Telkom Regional 5

Tri Yari Kurniawan
Selasa, 24 Sep 2024 16:07
Antusiasme Guru & Siswa SMAN 10 Gowa Ikuti Pelatihan Keamanan Siber dari Telkom Regional 5
Telkom Regional 5 kembali menggelar pelatihan cyber security awareness atau kesadaran keamanan siber di SMAN 10 Gowa. Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
GOWA - Telkom Regional 5 kembali menggelar pelatihan cyber security awareness atau kesadaran keamanan siber. Kali ini dilaksanakan di SMAN 10 Gowa, dengan menyasar kurang lebih 150 siswa dan guru sekolah tersebut.

Para guru dan siswa tampak sangat antusias. Terlebih, acara itu dikemas atraktif dengan pra dan post test kuis yang menawarkan hadiah menarik. Telkom juga membagikan hadiah bagi para peserta yang aktif dalam acara.

Selain mengedukasi siswa dan guru soal keamanan siber, Telkom Regional 5 juga menyalurkan ragam bantuan pendidikan. Di antaranya yakni dua unit PC All In One, Layanan Internet Orbit Telkomsel, dan Layanan Pijar Sekolah.

Manager General Support Telkom Regional 5, Fakhyar Rusyid Samsul, menyampaikan pelatihan cyber security awareness digelar berkelanjutan. Sebelumnya, kegiatan serupa telah digelar di sejumlah sekolah. Di antaranya yakni MA, MTs, dan, SMP Aisyiyah Sungguminasa, serta SD, SMP, dan SMK Telkom.

"Alhamdulillah, hari ini antusiasme peserta bagus sekali, dan sesuai target 150 orang terdiri siswa dan guru. Selain pelatihan cyber security awareness, kami juga menyalurkan sejumlah bantuan," kata dia.

"Total dari sejumlah sekolah yang telah dilaksanakan pelatihan cyber security awareness, total peserta kurang lebih sudah mencapai 600 orang," sambung Fakhyar.

Antusiasme Guru & Siswa SMAN 10 Gowa Ikuti Pelatihan Keamanan Siber dari Telkom Regional 5

Dalam pelatihan kali ini, Telkom mengusung tema 'Etika dan Privasi Online: Pentingnya Etika Digital dan Cara Menjaga Privasi di Internet'. Tema ini lebih umum dibandingkan kegiatan sebelumnya, dimana Telkom mengedukasi para guru dan siswa untuk bijak di media sosial dan senantiasa menjaga data privasi.

Fakhyar yang juga hadir sebagai pemateri, memaparkan seputar keamanan siber, termasuk tips agar terhindar dari kejahatan digital. Lewat kegiatan ini, ia bilang Telkom ingin membangun kesadaran digital dari masyarakat, khususnya para guru maupun siswa.

Juga dibahas mengenai etika saat berselancar di dunia maya, khususnya media sosial. Tidak ketinggalan juga dipaparkan mengenai adanya aturan maupun regulasi, semisal UU ITE.

"Sekarang ini ada UU ITE dan itu bisa dipidanakan. Istilah mulutmu harimaumu, kini gadget jadi harimaumu, makanya bijaklah bermedia sosial. Jika ada informasi jangan langsung share, harus dipilah. Pastikan yang ku share adalah hal positif," paparnya.

Fakhyar mengimbuhkan pelaksanaan edukasi dan bantuan pendidikan ini merupakan salah satu wujud program CSR dari Telkom Regional 5. Kegiatan ini juga bentuk tanggung jawab Telkom dalam mengedukasi masyarakat, khususnya insan pendidikan mengenai kesadaran keamanan siber.

"Ini merupakan salah satu tanggung jawab Telkom untuk sharing, bagaimana seharusnya browsing, menggunakan sosial media, dan menjaga data privasi," tuturnya.

Antusiasme Guru & Siswa SMAN 10 Gowa Ikuti Pelatihan Keamanan Siber dari Telkom Regional 5

Kepala SMAN 10 Gowa, Ansar AS, mengapresiasi kedatangan Telkom Regional 5 yang membawa banyak manfaat. Selain mendapatkan edukasi soal keamanan siber, pihak sekolah juga mendapatkan bantuan. Telkom juga pernah membantu pembangunan masjid sekolah.

"Kita kedatangan tamu istimewa. Alhamdullilah, dengan adanya kegiatan ini bisa mengedukasi guru dan siswa. Juga membawa bantuan ke sekolah," tuturnya.

Ia menaruh harap agar kolaborasi Telkom dan SMAN 10 Gowa terus berlanjut pada masa mendatang. Pada kesempatan itu, dirinya juga menyampaikan pesan kepada para peserta didik agar menuntut ilmu dan menjaga adab. "Itu merupakan kunci kesuksesan," pungkasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru