Survei Pilkada Selayar September 2024: Natsir-Muhtar 44,88%, Ady-Suwadi 28,05%

Tim Sindomakassar
Kamis, 26 Sep 2024 15:59
Survei Pilkada Selayar September 2024: Natsir-Muhtar 44,88%, Ady-Suwadi 28,05%
Lembaga SSI merilis hasil temuan lapangan untuk elektabilitas calon Bupati dan calon Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar pada Kamis (26/09/2024). Foto: Istimewa
Comment
Share
SELAYAR - Lembaga Script Survei Indonesia (SSI) merilis hasil temuan lapangan untuk elektabilitas calon Bupati dan calon Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar pada Kamis (26/09/2024).

Hasilnya, menampilkan pasangan calon nomor urut 1 Muhammad Natsir Ali-Drs H Muchtar unggul. Paslon yang didukung parpol Golkar, PAN, PDIP dan Gerindra ini berada di puncak survei dengan angka 44,88%.

Disusul paslon nomor urut 2 Ady Ansar-Suwadi yang diusung Nasdem, PKS, PKB dan Partai Solidaritas Indonesia dengan potret angka 28,05%.

Kemudian paslon terakhir dengan nomor urut 3 Abdul Rahman Masriat-Daeng Marowa yang maju dengan jalur independen (perseorangan) dengan angka 15,7%. Adapun yang memutuskan tidak memilih atau belum menentukan pilihan, sebesar 11,71%.



Direktur Eksekutif SSI, Yuhardin menyampaikan survei dilaksanakan secara acak terhadap 410 responden yang tersebar di seluruh kecamatan secara proporsional. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 4,8 persen. Untuk periode survei dilaksanakan pada 11-23 September 2024

Calon nomor urut 1 Muh. Natsir Ali – Muhtar, sementara unggul di Kecamatan Takabonerate, Pasimarannu, Bontomanai, Bontoharu, Bontomatene, Bontosikuyu, dan Pasimasunggu.Sedangkan pasangan Ady Ansar - Suwadi unggul di kecamatan Benteng, Buki, Pasilambena dan Pasimasunggu Timur.

Yuhardin menuturkan, alasan utama dalam memilih calon Bupati dan Wakil Bupati adalah adanya kriteria sederhana, ramah/merakyat, ada hubungan keluarga, membawa harapan baru, berprestasi/kinerja terbukti, pintar, cerdas berwawasan luas, memperjuangkan kesejahteraan rakyat.

Kendati demikian, temuan lain SSI di lapangan terkait keinginan masyarakat yakni harapan terhadap bupati terpilih mendatang adalah mampu menciptakan lapangan pekerjaan, mampu mengendalikan harga kebutuhan pokok yang mahal, perbaikan Infrastruktur (jalan, jembatan dan pertanian), penambahan jaringan listrik, ketersediaan air bersih, kelangkaan pupuk, kesehatan dan pendidikan.

"42,93% masyarakat menyatakan dukungannya sudah kuat (strong voters). Sebanyak 56.64%, pemilih mengaku masih ragu (kemungkinan mengubah pilihan/swingvoters), sehingga peluang untuk masing-masing kandidat masih terbuka," jelas Yuhardin.



#Tentang Script Survey Indonesia (SSI)

Script Survey Indonesia (SSI) merupakan lembaga penelitian. SSI dari laman ssi.web.id melakukan kerja-kerja survei pemenangan dan pemetaan.

Terbaru, Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi) merilis 62 lembaga survei terdaftar sebagai anggota Tahun 2023/24.

SSI bergabung di Persepi dengan banyak lembaga survei terkenal di Indonesia, seperti Lembaga Survei Indonesia (LSI), Populi Center, Saiful Mujani Research and Counsulting (SMRC), Indikator Politik Indonesia, Celebes Research Center (CRC), Poltracking Indonesia hingga Indonesia Politics Resesrch Counsulting (IPRC).
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru