Survei Pilgub Sulsel di Makassar: Elektabilitas DIA dan Andalan Hati Sisa 2%

Tim Sindomakassar
Minggu, 20 Okt 2024 22:03
Survei Pilgub Sulsel di Makassar: Elektabilitas DIA dan Andalan Hati Sisa 2%
Lembaga Parameter Publik Indonesia (PPI) merilis hasil survei Pilgub Sulsel 2024. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Lembaga Parameter Publik Indonesia (PPI) merilis hasil survei untuk Pilwakot Makassar. Dalam risetnya, turut disertakan tingkat elektabilitas dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel 2024, khusus di Kota Makassar.

Hasilnya, elektabilitas pasangan nomor urut 02 Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) bersaing ketat dengan Moh Ramdhan 'Danny Pomanto'-Azhar Arsyad (DIA). Dimana presentasenya hanya menyisihkan selisih sekitar 2 persen saja.

Pasangan Andalan Hati meraih elektabilitas sebesar 29,2 persen, sedangankan DIA 31,2 persen. Sementara lainnya sebesar 1,0 persen, masih merahasiakan pilihannya 7,4 persen, belum menjawab 20,5 persen, dan tidak tahu 10,7 persen.

Survei khusus untuk Pilwakot Makassar ini dilakukan pada periode 3-13 Oktober 2024 menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah respondennya sebanyak 2.000 yang diwawancara tatap muka menggunakan kuesioner, dengan margin of error kurang lebih 2,2 persen.

Adapun hasil survei untuk Pilwakot Makassar yang dilakukan menunjukkan selisih elektabilitas yang cukup jauh diantara empat pasangan calon walikota dan wakil walikota Makassar yang bertarung.

Pasangan Munafri-Aliyah (Mulia) 39,1 persen, Indira-Ilham (INIMI) 19,9 persen, Seto-Rezki (Sehati) 17,7 persen, dan Amri-Rahman (Aman) 2,0 persen.

Juru Bicara Andalan Hati, Muhammad Ramli Rahim (MRR) mengatakan, dengan selisih yang hanya sekitar 2 persen, maka tidak lama lagi keunggulan DIA yang memang memiliki basis kuat hanya di Kota Makassar akan segera disalip.

"Kalau kita lihat hasil surveinya elektabilitas DIA di Makassar sudah keteteran, istrinya bahkan tidak sampai 20 persen. Nah, tentu tinggal bagaimana selanjutnya kita terus lebih maksimal lagi agar bisa mengungguli DIA di Kota Makassar sehingga 24 KoKab bisa kita menangkan," ujar MRR menanggapi hasil survei PPI, Minggu (20/10/2024).

Lebih lanjut diungkapkan MRR, bagi Tim Andalan Hati, Kota Makassar menjadi salah satu target yang harus mereka maksimalkan. Hal itu agar kemenangan secara menyeluruh bisa diraih pada 24 kabupaten/kota di Sulsel.

Sebagaimana, kata dia, dari berbagai hasil survei Pilgub Sulsel 2024 yang dirilis sebelumnya, Andalan Hati sudah unggul telak dari DIA. Dimana presentasenya rata-rata di atas 60 persen banding sekitar 9-12 persen.

"Kalau kita melihat dari hasil survei Pilgub Sulsel yang sudah dirilis, seperti dari Indikator, LSI Denny JA dan sebagainya, itu kita selalu unggul telak hampir di seluruh kabupaten/kota. Tetapi tentu kita tidak ingin terlena, kita mau tim bekerja maksimal sebelum tiba hari pencoblosan," tandasnya.
(UMI)
Berita Terkait
Mayoritas Pemilih Gerindra dan Nasdem Justru Pilih Appi-Aliyah di Pilwalkot 2024
Makassar City
Mayoritas Pemilih Gerindra dan Nasdem Justru Pilih Appi-Aliyah di Pilwalkot 2024
Lembaga Parameter Publik Indonesia (PPI) menemukan temuan menarik dalam hasil surveinya di Pilwalkot Makassar 2024. Selain elektabilitas pasangan calon (Paslon), mereka juga meriset pemilih partai politik (parpol).
Senin, 21 Okt 2024 08:09
Prabowo-Gibran Resmi Dilantik, Cagub Andi Sudirman: Selamat Bekerja Pak Presiden
Sulsel
Prabowo-Gibran Resmi Dilantik, Cagub Andi Sudirman: Selamat Bekerja Pak Presiden
Calon Gubernur Sulsel 02, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan selamat bekerja kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang telah resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.
Minggu, 20 Okt 2024 15:42
Warga Gowa: Ibu Fatmawati Sosok Inspiratif Bagi Perempuan di Sulsel
News
Warga Gowa: Ibu Fatmawati Sosok Inspiratif Bagi Perempuan di Sulsel
Pasangan gubernur dan wakil gubernur nomor urut 2, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati), mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat.
Minggu, 20 Okt 2024 12:30
Berkunjung di TPI Palopo, Azhar Arsyad Terima Aspirasi Pedagang dan Nelayan
Sulsel
Berkunjung di TPI Palopo, Azhar Arsyad Terima Aspirasi Pedagang dan Nelayan
Calon Wakil Gubernur Sulsel, Azhar Arsyad mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang berada di Kelurahan Ponjalae, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo, Minggu (20/10/2024) pagi.
Minggu, 20 Okt 2024 09:25
Tiba di Palopo, Cawagub Azhar Disambut Emak-emak di Kediaman Hamka Pasau
Sulsel
Tiba di Palopo, Cawagub Azhar Disambut Emak-emak di Kediaman Hamka Pasau
Setelah seharian mendatangi sejumlah titik lokasi pertemuan di Kabupaten Luwu, Calon Wakil Gubernur Sulsel nomor urut 1, Azhar Arsyad melanjutkan safari politik ke Kota Palopo, Sabtu (19/10/2024).
Sabtu, 19 Okt 2024 22:51
Berita Terbaru