Pemkab Maros Siapkan Lahan Pemakaman di Tiga Kecamatan

Najmi S Limonu
Senin, 08 Mei 2023 19:00
Pemkab Maros Siapkan Lahan Pemakaman di Tiga Kecamatan
Guna antisipasi kepadatan di TPU Bontojolong, Pemkab Maros mulai berencana menyiapkan lahan kosong untuk dijadikan pemakaman. Foto/Ilustrasi/iStockphoto
Comment
Share
MAROS - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bontojolong Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros milik pemerintah daerah mulai padat. Sebagai antisipasi kepadatan di TPU Bontojolong, Pemkab Maros mulai berencana menyiapkan lahan kosong untuk dijadikan pemakaman.

Jika merujuk Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), lokasi yang cocok ada di Kecamatan Moncongloe, Tompobulu dan Tanralili. Hal itu diungkapkan oleh Bupati Maros, AS Chaidir Syam pada Senin(8/5/2023).



"Jadi kita akan bicarakan dengan teman-teman pengembang dan warga mengenai solusi pengadaan lahan pemakaman di sekitar Kecamatan Moncongloe atau Tompobulu. Karena di lokasi itu juga banyak lahan perumahan, makanya kita ingin diskusikan terlebih dahulu. Apakah mereka setuju atau tidak," ungkapnya.

Selain itu, kata dia, dalam pertemuannya nanti akan juga akan bahas apakah ini pemakaman khusus warga Maros atau bisa dari luar.

"Namun yang pasti rencana kita ini untuk mengantisipasi kepadatan tempat pemakaman umum (TPU) milik Pemkab Maros yang ada saat ini di Bontojolong. Karena disana sudah padat," akunya.



Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang, Perhubungan dan Pertanahan Kabupaten Maros, Muetazim Mansyur, mengatakan kalau dari kondisi rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kecamatan Moncongloe dan Tompobulu memang sudah bisa dijadikan pengelolaan pemakaman.

"Tetapi kita masih perlu mintai persetujuan warga. Meski pola ruang sudah kita siapkan," sebutnya.

Untuk luas yang dibutuhkan, kata dia, sekitar 5 hektare. Kalau anggarannya tergantung lokasi pemakaman nantinya. "Jika misal lokasi yang ditunjuk milik warga. Tentu kita akan turunkan tim apraisal untuk menaksir harga," pungkasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru