Adnan Harap Koordinasi Penyelenggara Pemilu Bisa Lebih Baik

Herni Amir
Jum'at, 02 Jun 2023 14:40
Adnan Harap Koordinasi Penyelenggara Pemilu Bisa Lebih Baik
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat hadir meresmikan kantor Bawaslu Gowa. Foto: Istimewa
Comment
Share
GOWA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan berharap koordinasi penyelenggara pemilu bisa berjalan dengan baik pada Pemilihan Umum dan Pilkada tahun depan.

Hal ini disampaikan saat meresmikan Kantor Baru Bawaslu Kabupaten Gowa di Jalan Andi Mallombassang, Kota Sungguminasa, Kamis (1/6/2023).



Adnan mengatakan, dibangunnya Kantor Bawaslu Gowa yang berdampingan dengan Kantor KPU Gowa bertujuan agar mampu membangun koordinasi antar keduanya sebagai penyelenggara Pemilu 2024 mendatang.

"Kenapa disini dibangun kantor Bawaslu, supaya bersampingan dengan KPU. Sehingga koordinasinya sangat luas, semakin baik komunikasinya juga semakin lancar," kata Adnan.

Lokasi Bawaslu saat ini dinilai sangat strategis, dimana berada di tengah-tengah jantung Ibukota Kabupaten Gowa. Kata Adnan, dibangunnya Kantor Bawaslu Gowa ini sebagai komitmen Pemkab Gowa untuk terus menjaga komunikasi dan koordinasi yang baik.

Ketua Bawaslu Gowa, Suharly menyampaikan terimakasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Gowa memberikan kesempatan serta memberikan tempat yang amat bagus.

"Kami berterima kasih sebesar-besarnya kepada pemerintah Kabupaten Gowa dalam hal ini bapak Bupati Kabupaten Gowa yang telah memberikan kesempatan serta memberikan tempat yang bagi kami luar biasa," Kata Suharly.



Bahkan kata Suharly, Kabupaten Gowa merupakan kabupaten pertama di Sulawesi Selatan bahkan di Indonesia yang Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pemilu atau Pilkada 2024 telah disetujui oleh kepala daerah dalam hal ini Bupati Gowa.

"Dukungan yang diberikan kepada kami bukan hanya dukungan secara lisan tetapi dalam bentuk fisik yang nyata, Jadi dalam hal ini sebagai Mitra Bawaslu Gowa kedepannya akan terus kita perbaiki hubungan-hubungan baik tersebut," ujarnya.

Hadir pula mantan Ketua Bawaslu Gowa periode 2018-2023, Samsuar Saleh yang kini duduk di Bawaslu Sulsel. Pada kesempatan itu, Samsuar mengatakan, Gedung Bawaslu yang baru ini merupakan ikhtiar yang panjang dirinya bersama komisioner Bawaslu periode 2018-2023.

Samsuar mengatakan, sebagaimana yang diatur oleh undang-undang nomor 17 di pasal 434 bahwa pemerintah daerah wajib memberikan dukungan dan fasilitas kepada penyelenggara pemilu dan rasanya itu bisa diwujudkan di Kabupaten Gowa.

"Di mata saya ini bukan cuma di NPHD kita yang nomor satu dari kabupaten lain, tetapi rasa-rasanya di 24 kabupaten/kota bangunan baru hanya ada di Kabupaten Gowa," terangnya.
(GUS)
Berita Terkait
Bawaslu Sinjai Ingatkan Paslon Soal Pelanggaran Kampanye Diluar Tahapan
Sulsel
Bawaslu Sinjai Ingatkan Paslon Soal Pelanggaran Kampanye Diluar Tahapan
Bawaslu Sinjai mengingatkan para bakal calon (balon) yang akan berpartisipasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 agar tidak melakukan pelanggaran terkait kampanye dini atau yang biasa dikenal sebagai "curi start".
Minggu, 22 Sep 2024 07:23
Bawaslu Gowa Temukan Indikasi 21 Kepala Desa Tak Netral di Pilgub Sulsel
Sulsel
Bawaslu Gowa Temukan Indikasi 21 Kepala Desa Tak Netral di Pilgub Sulsel
Bawaslu Kabupaten Gowa telah melakukan penerusan terkait adanya oknum 21 Kepala Desa (Kades), 1 orang sekretaris desa (Sekdes) serta 1 orang ketua BPD yang diduga telah melanggar netralitas karena mengadakan pertemuan dengan salah satu bakal calon gubernur pada Ahad (08/09) lalu.
Sabtu, 21 Sep 2024 17:23
TP PKK Gowa Studi Tiru Progam Inovasi Posyandu PKK Denpasar
Sulsel
TP PKK Gowa Studi Tiru Progam Inovasi Posyandu PKK Denpasar
Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa melakukan studi tiru ke Desa Dangin Puri Kauh, Kecamatan Denpasar Utara, Bali, Jum'at (20/9/2024).
Sabtu, 21 Sep 2024 15:56
Bawaslu Lutim Tindaklanjuti Kasus Oknum Kadis Tak Netral di Pilkada 2024
Sulsel
Bawaslu Lutim Tindaklanjuti Kasus Oknum Kadis Tak Netral di Pilkada 2024
Bawaslu Luwu Timur (Lutim) kembali menerima laporan dugaan pelanggaran netralitas ASN pada tahapan Pilkada 2024.
Sabtu, 21 Sep 2024 12:55
Bawaslu Lutim Sampaikan Catatan Penting Hasil Pengawasan dalam Rapat Pleno DPT
Sulsel
Bawaslu Lutim Sampaikan Catatan Penting Hasil Pengawasan dalam Rapat Pleno DPT
Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas, dan Humas Bawaslu Luwu Timur, Sulkifli menyampaikan beberapa catatan penting dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang digelar KPU pada Jumat (20/09/2024).
Jum'at, 20 Sep 2024 23:20
Berita Terbaru