Jaga Lingkungan, Semen Tonasa dan Forkopimda Pangkep Gelar Aksi Bersih

Tim Sindomakassar
Minggu, 11 Jun 2023 13:48
Jaga Lingkungan, Semen Tonasa dan Forkopimda Pangkep Gelar Aksi Bersih
Manajemen PT Semen Tonasa dan Forkopimda Pangkep menggelar aksi bersih pantai dalam rangka menjaga lingkungan sekitar. Foto/Dok Semen Tonasa
Comment
Share
PANGKEP - Sebagai perusahaan persemenan berbasis industri hijau, Semen Tonasa senantiasa mendukung kegiatan pelestarian lingkungan. Kali ini, berkolaborasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Pangkep, Semen Tonasa melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai (Coastal Cleanup), yang dihadiri oleh sekitar 300 peserta pada Sabtu (10/6/2023).

Kegiatan yang dilakukan di pesisir pantai, tepatnya lokasi Wisata Mangrove Bulu Cindea ini dihadiri oleh Ketua DPRD Pangkep Abdul Haris Gani bersama para Forkompinda. Tampak hadir yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pangkep Thamrin Taba, Plt. Direktur Utama Semen Tonasa Anis, Direktur Operasi Mochamad Alfin Zaini, jajaran Band 1 dan 2 PT Semen Tonasa, Direktur Perusahaan Afiliasi Semen Tonasa, Kepala Desa Bulu Cindea Made Ali beserta masyarakat, dan dihadiri pula para aktivis pemerhati lingkungan dan pelajar serta mahasiswa.



Bersih-bersih pantai ini dilakukan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023, yang dilaksanakan serentak di 135 titik lokasi. Pada kesempatan ini pula, dilaksanakan penambahan penanaman Pohon Mangrove oleh para peserta di lokasi.

Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Siti Nurbaya dalam sambutan serentaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung dan turut serta pada kegiatan ini.

"Dalam beberapa hari ini, dunia internasional sedang membahas untuk mengatasi polusi plastik. Polusi plastik adalah ancaman nyata yang berdampak pada setiap komunitas di seluruh dunia. Karena itu, melalui Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, saya menyerukan semua stakeholders, untuk bersama-sama memperjuangkan Solusi untuk Polusi Plastik. Dan saya percaya, masyarakat Indonesia sudah siap untuk beat plastic pollution," ungkapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Semen Tonasa Anis dalam sambutannya mengatakan menjaga lingkungan itu merupakan kewajiban dan tanggung jawab bersama. PT Semen Tonasa sebagai perusahaan yang berada di Pangkep, secara khusus juga memiliki dua pilar dalam program CSR-nya yang memiliki nilai dukungan atas sustainability, yakni Tonasa Hijau dan Tonasa Bersahaja.

"Melalui pilar inilah PT Semen Tonasa berkontribusi dalam mendukung program-program berbasis lingkungan yang ada di Kabupaten Pangkep, termasuk masalah sampah. Ke depannya, kita berusaha agar sampah-sampah ini nantinya dapat diolah sedemikian lupa melalui RDF yang saat ini proyeknya sedang kami jalankan, hingga dapat menjadi bahan bakar alternatif di PT Semen Tonasa," pungkasnya.



Di tempat yg sama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pangkep, Thamrin Taba, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada PT Semen Tonasa, yang telah menginisiasi kegiatan ini berdasarkan petunjuk Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, dan dapat berjalan sukses.

Ia juga berharap ke depannya, kegiatan ini dapat dilanjutkan secara konsisten dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru