Festival Kuliner Beautiful Malino Gandeng Puluhan UMKM

Herni Amir
Jum'at, 14 Jul 2023 09:28
Festival Kuliner Beautiful Malino Gandeng Puluhan UMKM
Perhelatan even Beautiful Malino yang digelar pada 14 hingga 16 Juli mendatang akan menghadirkan festival kuliner bertajuk "Culinary Showcase & Bazar". Foto/Dok SINDO Makassar
Comment
Share
GOWA - Perhelatan even Beautiful Malino yang digelar pada 14 hingga 16 Juli mendatang akan menghadirkan festival kuliner bertajuk "Culinary Showcase & Bazar". Dalam kegiatan tersebut akan melibatkan puluhan pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Gowa.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Gowa Andi Tenriwati Tahri mengatakan, pihaknya akan memprioritaskan binaan dari Pemkab Gowa. Baik dari Dinas Koperasi dan UMKM, Disperindag maupun binaan dari Dinas Pariwisata.



Namun pihaknya tetap membuka kesempatan bagi pelaku UMKM lainnnya yang bergerak di bidang makanan, minuman, maupun kerajinan khas Gowa. Hal ini sebagai upaya Pemda untuk promosi segala produk berkualitas yang dihasilkan dari Kabupaten Gowa.

"Kalau UMKM Binaan Pemkab yang akan berpartisipasi itu ada 30. Mereka ini pelaku UMKM yang secara aktif ikut dalam kegiatan-kegiatan Pemda. Tapi pendaftaran tetap kita buka bagi yang lain,"paparnya.

Sementara itu, CEO Slemmersindo Muh Subhan Jaya selaku EO Beautiful Malino menambahkan, pelaksanaan Culinary Showcase & Bazar akan diousatkan di Hutan Pinus Malino.

"Setiap tenan nanti silahkan jaga kebersihan masing-masing. Jadi menyiapkan tempat sampah sendiri, biar lingkungan tetap nyaman untuk disinggahi pengunjung," ucapnya.



Diketahui Pemkab Gowa menganggarkan Rp1 miliar untuk Beautiful Malino. Anggaran tersebut berasal dari APBD. Selain itu juga sumbangan dari Kemenparekref. "Nilainya tidak besar, 10% dari nilai APBD yang kita keluarkan," ucap Tenri.

Dengan besaran anggaran tersebut diharapkan berdampak pada perputaran uang yang berlangsung selama kegiatan. Pemkab Gowa mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat melalui sejumlah pemasukan. Mulai dari pemasukan dari sewa penginapan villa dan hotel, penjualan kuliner khas, UMKM-UMKM, termasuk restoran.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru