Petugas Damkar Berjuang 22 Jam Atasi Kebakaran Toko Grosir Aneka Plastik di Maros

Najmi S Limonu
Senin, 20 Feb 2023 13:09
Petugas Damkar Berjuang 22 Jam Atasi Kebakaran Toko Grosir Aneka Plastik di Maros
Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) masih berjibaku memadamkan kebakaran toko grosir aneka plastik yang sudah dilakukan selama 22 jam. Foto: Sindo Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Toko grosir barang pecah belah, Al-Fatir yang berada di Batangase, Kelurahan Bontoa, Kecamatan Mandai Kabupaten Maros yang terbakar Minggu sore kemarin, hingga saat ini masih dalam pemadaman.

Berdasarkan pantauan di lapangan, api masih melahap beberapa bagian bangunan yang berbentuk L tersebut. Meski telah bisa tertangani, namun pihak pemadam kebakaran masih melakukan penyemprotan di titik api yang masih menyala.



Puluhan pemadam kebakaran masih berjuang memadamkan api, yang telah menyala selama 22 jam tersebut.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Jufri mengatakan, untuk memadamkan api tersebut, Damkar Maros harus dibantu oleh Pemdam Kebakaran dari Kabupaten Pangkep dan Kota Makassar.

"Ada beberapa mobil pemadam kebakaran yang diturunkan. Kita juga mendapatkan bantuan mobil pemadam kebakaran dari Kabupaten Pangkep, Makassar, Angkasa Pura, PT Semen Bosowa, dan Auri," ujarnya kepada awak media, Senin (20/2/2023).

Dia merinci, jumlah armada pemadam kebakaran yang diturunkan berjumlah sekitar 38 mobil pemadam kebakaran dikerahkan.

"Jumlahnya 38 kendaraan. 11 mobil pemadam dari Maros, 20 dari Makassar, 3 dari Pangkep, 3 dari Angkatan Udara, 1 dari Semen Bososwa," terangnya.

Dengan jumlah tersebut kata dia, sekitar 300 lebih personel yang diturunkan. "Kalau ditotal seluruh personil yang kita turunkan lebih dari 300 orang. Karena selain memadamkan api, mereka juga membantu warga evakuasi barang-barang yang bisa diselamatkan," jelasnya.



Sementara salah satu petugas Pemadam Kebakaran Makassar, Zulkarnaen yang ditemui di lokasi menjelaskan, 20 armada Damkar Makassar turun membantu melakukan pemadaman. Mobil ini memiliki kapasitas sekitar 4.000 liter dan 5.000 liter.

"Kalau kita dari Makassar sudah 20 Damkar yang dikerahkan. 20 unit ini yang bolak-balik membantu proses pemadaman," katanya.

(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru