Pemkab Sidrap Gelar Diklat Teknik Pemadam Api dan Keselamatan Kerja

Andi Mappanyukki
Senin, 20 Feb 2023 15:02
Pemkab Sidrap Gelar Diklat Teknik Pemadam Api dan Keselamatan Kerja
Pembukaan Diklat Teknik Pemadaman Api di Kompleks SKPD Pemkab Sidrap, Senin (20/2/2023). Foto/Sindo Makassar/Andi Mappanyukki
Comment
Share
SIDRAP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Teknik Pemadaman Api di Kompleks SKPD, Senin (20/2/2023). Diklat ini menggandeng Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Makassar.

Kegiatan yang akan berlangsung hingga 24 Februari 2023 ini diikuti 40 peserta. Selain Diklat Pemadaman Api, juga digelar Diklat Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Perwakilan Poltekbang Makassar, Agus Salim menjelaskan, kegiatan ini untuk memberi pemahaman soal penyebab terjadinya kebakaran. Peserta juga diberi pengetahuan dasar mencegah kebakaran.

Baca juga: HUT Sidrap, Pemprov Sulsel Beri Bantuan Keuangan Rp15 Miliar

"Para peserta kami berikan juga pelatihan dalam pengoperasian alat pemadam api ringan (apar) dan hydrant serta lain-lainnya," jelasnya.

Terkait Diklat Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) kata dia, bertujuan untuk menciptakan tempat kerja aman sehat dan bebas dari pencemaran lingkungan.

“Tujuannya mencegah atau mengurangi terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja, dan pada akhirnya dapat meningkatkan sistem efisiensi dan produktivitas kerja,” imbuh Agus Salim.

Baca juga: Musyawarah Tudang Sipulung Pacu Pembangunan Sidrap

Sementara itu, Asisten Adminitrasi Umum, Nasruddin Waris mewakili Bupati Sidrap mengatakan, aspek keselamatan dan keamanan memegang peranan yang sangat penting.

“Dengan adanya pelatihan semacam ini, personel pemadam kebakaran (damkar) dapat bertambah ilmu pengetahuan baru yang berkaitan dengan teknik pemadaman api dan K3,” terangnya.

Dia berharap kepada peserta yang mengikuti Diklat ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dan tidak hanya menambah ilmu pengetahuan, tetapi juga dapat menghasilkan kolaborasi yang baik sehingga mendorong pemberdayaan masyarakat.

Baca juga: Musyawarah Tudang Sipulung di Sidrap Digelar Jelang Musim Tanam

“Teruntuk peserta diklat, gunakanlah waktu belajar anda seefektif mungkin. Jangan ragu untuk bertanya kepada para pengajar saat pembelajaran di dalam maupun di luar kelas,” pesan Nasruddin.

Sekadar diketahui, peserta yang mengikuti Diklat ini terdiri dari personel Damkar dan Satpol PP Sidrap serta unsur lainnya di Kabupaten Sidrap.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru