Peduli Lingkungan, PT Pelindo Jasa Maritim Tanam 2.500 Pohon di Maros

Tri Yari Kurniawan
Minggu, 17 Sep 2023 00:08
Peduli Lingkungan, PT Pelindo Jasa Maritim Tanam 2.500 Pohon di Maros
PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM), anak perusahaan PT Pelindo bersama Pemkab Maros menggelar penanaman 2.500 pohon di Desa Purnakarya. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAROS - PT Pelindo Jasa Maritim alias SPJM, anak perusahaan PT Pelindo bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros menggelar aksi tanam pohon. Tidak tanggung-tanggung, ada 2.500 pohon buah yang ditanam.

Kegiatan ini digelar di Dusun Bontolempangan, Desa Purnakarya, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros. Direktur Utama SPJM Prasetyadi, Sekretaris Perusahaan SPJM Tubagus Patrick Iskandar dan Bupati Maros Chaidir Syam serta Forkopimda Maros ikut menanam pohon durian, rambutan hingga mangga di salah satu lahan milik warga.



"Jadi program ini serentak seluruh Indonesia, jadi untuk Pelindo Jasa Maritim digelar di Maros. Program ini dalam rangka hari Pelindo di 1 Oktober nanti. Jadi ini hari Pelindo yang ke-2 (pascamerger)," kata Prasetyadi, Sabtu (16/9/2023).

Ia menjelaskan pihaknya memilih menanam pohon sebagai upaya Pelindo terhadap peduli dengan lingkungan. Aksi kepedulian lingkungan saat ini harus dilakukan dengan nyata.

"Jadi Pelindo fokus terhadap aksi sosial dan kepedulian lingkungan karena di perusahaan itu ada depertemen tangung jawab sosial dan lingkungan. Itu mengurusi kegiatan CSR dan lingkungan, salah satunya menanam pohon," ungkapnya.

Maros sendiri menjadi tempat penanaman pohon lantaran di daerah ini terdapat situs sejarah dunia, yang merupakan warisan Unesco atau warisan dunia.

"Cegah banjir juga kan, apalagi polusi udara saat ini mengkhawatirkan. Ya, kenapa di Maros? Itu karena salah satu geopark dunia ada di Maros. Pak Bupati juga tadi menyampaikan barusan balik dari Maroko menerima penghargaan geopark," ucapnya.

Selain itu, menurutnya aksi tanam pohon ini juga untuk memperingati hari ozon internasional sedunia. Mengigat kondisi udara dan lingkungan mulai mengancam. "Lapisan udara terancam beberapa daerah di Indonesia, makanya Pelindo Jasa Maritim secara Pelindo hadir peduli hal-hal ini untuk hadir dalam kegiatan tersebut," terangnya.

Sementara itu, Bupati Maros Chaidir Syam yang ikut dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi. Ia memuji sikap dan aksi nyata SPJM yang mau turun dan berbuat. "Terima kasih atas kepedulian Pelindo Jasa Maritim terhadap Kabupaten Maros dan mewakili Pemda dan masyarakat dengan adanya ini mampu memperkuat kolaborasi dan lebih peduli lingkungan," kata dia.



Menurut Bupati Chaidir, SPJM dan Pemkab Maros harus terus melakukan sinergi yang kuat. Ia pun mendukung penuh upaya BUMN yang peduli terhadap lingkungan di Kabupaten Maros. "Siap kolaborasi lagi dan ini di perlukan untuk program-program ke depan terkait mendukung kelestarian lingkungan," tegasnya.

Selain mengelar aksi tanam pohon, PT Pelindo Jasa Maritim juga mengelar aksi sosial bagi masyarakat Maros. Aksi sosial itu berupa pemberian bantuan langsung ke warga.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru