Peringati Hari Rabies Sedunia, Puskeswan Maros Gelar Vaksinasi untuk Kucing & Anjing

Najmi S Limonu
Minggu, 08 Okt 2023 19:03
Peringati Hari Rabies Sedunia, Puskeswan Maros Gelar Vaksinasi untuk Kucing & Anjing
Pemkab Maros melalui bidang Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) menggelar vaksinasi rabies pada hewan kucing dan anjing secara gratis. Foto/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros melalui bidang Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) menggelar vaksinasi rabies pada hewan kucing dan anjing secara gratis.

Pemberian vaksinasi ini dilaksanakan di Hutan Kota Maros, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Sabtu (7/10/2023).

Wakil Bupati Maros Suhartina Bohari meninjau langsung kegiatan vaksinasi rabies ini mengatakan, ada ratusan orang yang sudah melakukan pendaftaran dengan membawa anabul peliharaan mereka. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun.

"Untuk memperingati hari rabies sedunia ini kami dari Pemerintah Kabupaten Maros, mengadakan suntik rabies gratis untuk semua hewan-hewan yang ada di Maros," jelasnya.

Pada kegiatan vaksinasi momentum hari rabies sedunia ini, Pemerintah setempat lebih fokus pada kegiatan tersebut di Hutan Kota Maros.

"Hari ini kami fokuskan di hutan kota maros dengan harapan semua yang punya anabul hewan peliharaan bisa datang kesini untuk melakukan pengecekan kesehatan langsung," ujarnya.

Suhartina menambahkan, ke depan pelaksanaan vaksinasi rabies untuk hewan ini akan rutin dilakukan oleh pihaknya dengan harapan Wilayah Maros bisa menjadi Kabupaten bebas rabies.

"Ada sekitar seratusan hewan yaitu kucing dengan anjing, semoga ke depan masif dilakukan supaya maros bisa menjadi kabupaten yang bebas rabies," tambahnya.

Sementara itu Kepala UPTD Puskeswan Maros drh Ujistiany Abidin mengatakan, kegiatan ini diharapkan bisa menurunkan angka kejadian rabies khususnya di Kabupaten Maros.

"Harapan kami melalui pemberian vaksinasi gratis ini bisa menurunkan angka kejadian rabies, dan kami tetap berkolaborasi dengan dinas kesehatan," jelasnya.

Ujistiany pun menyebut selain pemberian vaksin juga dilakukan sosialisasi, edukasi penanganan khusus rabies.

"Hari ini kami juga ada sosialisasi edukasi penanganan kasus rabies pada manusia kasus gigitan dan alhamdulillah peserta anabul ada 100 ekor lebih semoga semuanya bisa tercover," pungkasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru