Imigrasi Parepare Pelajari Aplikasi Kaisar Arsitek Milik Imigrasi Makassar

Tim Sindomakassar
Rabu, 13 Des 2023 12:13
Imigrasi Parepare Pelajari Aplikasi Kaisar Arsitek Milik Imigrasi Makassar
Jajaran Imigrasi Makassar dan Imigrasi Parepare berfoto bersama. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar diwakili Kepala Sub seksi Teknologi Informasi Keimigrasian (TI) Andi Latenrisukki Pabbenteng dan Kepala Sub Seksi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (Infokim) Heru Dwimulyawan menerima kunjungan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare, Selasa 12 Desember di ruang Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (TIKIM).

Kunjungan dilakukan dalam rangka koordinasi terkait teknis penyusunan dan digitalisasi arsip dokumen perjalanan Republik Indonesia (DPRI) dan dokumen Izin tinggal keimigrasian orang asing.

Andi Latenrisukki menyampaikan dan menjelaskan mekanisme dan tata cara arsip digital yang digunakan oleh Kantor Imigrasi Makassar. Kaisar Arsitek (Kantor Imigrasi Makassar Arsip Berteknologi Digital) merupakan aplikasi yang digunakan tim pengelola arsip dalam memudahkan pekerjaan sehari-hari.

“Saat ini pengelola arsip telah menggunakan aplikasi kaisar arsitek, aplikasi ini memudahkan dalam melakukan pelaporan arsip dan pengelolaannya” ujar Andi Ukki sapaan akrab Kasubsi TI ini.

Kaisar arsitek dibuat agar pelayanan kearsipan di kantor imigrasi Makassar dapat terselenggara dengan lebih efektif dan waktu yang efisien. Aplikasi ini telah membantu dalam meningkatkan kemampuan pengelolaan arsip di Imigrasi Makassar.

Kepala Seksi TIKIM Imigrasi pare-pare bapak Ikrar, menyampaikan bahwa manajemen arsip merupakan salah satu aspek penting dalam pengelolaan dokumen administrasi keimigrasian. Saat ini UPT Imigrasi wajib melakukan inovasi dengan mengedepankan pemanfaatan teknologi moderen.

“Kami melakukan kunjungan ke Imigrasi Makassar karena mendengar adanya aplikasi baru yang dapat membantu pengelolaan arsip, ini merupakan hal baru dalam melakukan pengelolaan arsip,” tutur Ikrar saat memberikan penjelasan terkait kedatangan timnya.

Peserta koordinasi kearsipan yang berkunjung ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar sebanyak 4 orang yang terdiri dari Pejabat Struktural dan Analis Keimigrasian pada Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru