Dibawah Komando AIA & DM, Gerindra Sulsel Pastikan Kunci 5 Kursi DPR RI

Tim Sindomakassar
Jum'at, 23 Feb 2024 14:02
Dibawah Komando AIA & DM, Gerindra Sulsel Pastikan Kunci 5 Kursi DPR RI
Ketua DPD Gerindra Sulsel, AIA (kanan) bersama sekretarisnya DM (kiri). Foto: IST
Comment
Share
MAKASSAR - Partai Gerindra Sulsel mengunci lima kursi di DPR RI. Itu berdasarkan data internal hitungan dari rekapan C-1 Plano atau C-1 Hasil Pemungutan Suara pada Pemilu, 14 Februari lalu.

Sekretaris DPD Partai Gerindra Sulsel, Darmawangsyah Muin mengatakan perolehan kursi tersebut dengan sebaran satu di Dapil Sulsel 1 meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Kepulauan Selayar. Kursi ini diperebutkan antara petahana Azikin Sholtan dan Najmuddin.

Kemudian, dua kursi Dapil Sulsel II meliputi Kota Parepare, Kabupaten Bone, Sinjai, Bulukumba, Maros, Pangkep, Barru, Soppeng dan Wajo. Kursi ini didapat oleh Ketua DPD Andi Iwan Darmawan Aras dan Andi Amar Maruf Sulaiman.

Lalu, dua kursi Dapil Sulsel III meliputi Kota Palopo, Kabupaten Sidrap, Pinrang, Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara, Luwu, Luwu Utara dan Luwu Timur. Kursi ini diraih oleh Unru Baso dan La Tinro La Tunrung.

"Untuk DPR RI insyaallah kami pemenang di Sulsel. Perolehan kursi lima menuju enam," kata Wawan sapaannya saat ditemui di DPRD Sulsel pada Kamis, (22/02/2024).

Adapun perolehan kursi DPRD Sulsel, kata Wawan turut mengalami peningkatan dari 11 bertambah 14 sampai 15 kursi . Kursi Gerindra dipastikan bertambah di Dapil 1 (Makassar A), Dapil 7 (Bone) dan Dapil 8 (Soppeng - Wajo).

"Tapi angka ini belum pasti, karena beberapa dapil belum masuk semua rekapannya C-1 Planonya," jelas Wakil Ketua DPRD Sulsel itu.

Begitupun dengan DPRD di 24 Kabupaten/kota yang turut mengalami tren positif. "Soppeng - Wajo itu kita posisi Ketua. Dan beberapa daerah lain kita dapat unsur pimpinan (wakil ketua)," tukasnya.

Capaian Partai Gerindra ini hampir sesuai dengan target yang dipasang yakni, enam kursi DPR RI, 20 persen kursi DPRD Sulsel dan mengupayakan 24 DPRD Kabupaten/kota meraih unsur pimpinan.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru