Listrik SuperSUN Akan Terangi Wilayah Kepulauan Kabupaten Pangkep

Badauni AP
Kamis, 21 Mar 2024 05:42
Listrik SuperSUN Akan Terangi Wilayah Kepulauan Kabupaten Pangkep
Pemkab Pangkep dan PLN melakukan penandatangan kesepakatan bersama pajak barang dan jas tertentu (PBJT) atas tenaga listrik, kemarin. Foto: SINDO Makassar/Badauni AP
Comment
Share
PANGKEP - Masyarakat di wilayah kepulauan Kabupaten Pangkep tak lama lagi akan merasakan program SuperSUN milik PLN. Ini merupakan inovasi pembangkit listrik yang memanfaatkan energi hijau.

Penggunaan inovasi SuperSUN di wilayah kepulauan ini diketahui usai Pimpinan PT PLN Persero UP3 Makassar Utara meneken kesepakatan bersama dengan Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) dan jajarannya di Aula Rujab Bupati, kemarin.

Dalam pertemuan itu, dibahas terkait program SuperSUN PT PLN Persero untuk wilayah Kepulauan Pangkep. SuperSUN atau Sorong Ultimate for Electrifying-Surya Untuk Negeri merupakan pembangkit listrik bertenaga surya yang telah dimodifikasi untuk skala kecil.

Bupati Yusran Lalogau mengatakan, sebagai tahap awal, SuperSUN akan fokus ke fasilitas umum dan kesehatan di wilayah kepulauan.

"Di tahap awal (pemasangan) SuperSUN akan diutamakan pada fasilitas umum seperti di kantor camat/lurah/desa dan juga pada fasilitas kesehatan selanjutnya masuk ke sekolah," kata Yusran.



Ia menambahkan dengan adanya program ini bisa memperlihatkan kepada masyarakat bahwa ada program dari PLN kepada masyarakat kepulauan.

"Jadi nanti masyarakat dapat melihat program ini yang ada di fasilitas-fasilitas umum, disampaikan saja kepada masyarakat kalau berkenan silahkan dikonfirmasi kepada pemerintah setempat desa/keluruhan agar dapat diusulkan ke PLN untuk mendapatkan program ini," tambahnya.

Manager PLN UP3 Makassar Utara, Alexander J Manuhua menyampaikan, SuperSUN merupakan program pemerintah melalui PLN melistriki wilayah pulau yang belum menikmati listrik. SuperSUN merupakan perangkat listrik yang bervariasi sesuai kapasitas daya, 450 VA, 900 VA, hingga 1300 VA.

"SuperSUN suatu program peningkatan rasio elektrifikasi dan peningkatan rasio desa berlistrik merupakan bagian program pemerintah dan PLN agar masyarakat bisa menikmati listrik," katanya.

Tahap awal, sebanyak 20 unit SuperSUN akan dikirim. Terkait pemasangan, PLN melakukan koordinasi dengan Pemkab Pangkep.



Pihak Pemkab dan PLN melakukan penandatangan kesepakatan bersama pajak barang dan jas tertentu (PBJT) atas tenaga listrik. Naskah ditandatangani Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau dengan Manager PLN UP3 Makassar Utara Alexander J Manuhua.

Kegiatan itu turut dihadiri OPD terkait, camat dan kepala desa wilayah Kepulauan Pangkep, Manager PLN UP3 Makassar Utara beserta jajarannya.

Sebagai informasi, SuperSUN seperti genset yang menggunakan bahan bakar energi matahari. Ia dapat dioperasikan hybrid dari energi terbarukan dan menyala 24 jam, serta anti blackout.

SuperSUN juga dilengkapi dengan storage baterai lithium, alat ini juga bisa digunakan untuk mengisi daya motor listrik dan memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga seperti kompor induksi atau alat elektronik lain.

Penerapan SuperSUN cukup sederhana dan sudah tersambung dengan gawai pelanggan sehingga dimonitoring secara online dan realtime mulai dari jaringan 2G (Edge).
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru