Ribuan Hektare Sawah di Kabupaten Bone Siap Panen

Justang Muhammad
Jum'at, 22 Mar 2024 17:33
Ribuan Hektare Sawah di Kabupaten Bone Siap Panen
Ribuan hektare lahan sawah di Kabupaten Bone siap panen. Foto: SINDO Makassar/Justang Muhammad
Comment
Share
BONE - Kabupaten Bone, Sulsel memulai mulai musim panen di tengah-tengah kenaikan harga pangan saat ini di Indonesia.

Kepala Dinas TPHP Kabupaten Bone H. Andi Asman Sulaiman, menyebutkan dari 27 Kecamatan ada 10.000 hektare program IP 400 siap panen di Bone. Meningkat dari 3.303 menjadi 10.000 Ha.

"Ada ribuan hektare yang siap panen, semoga petani tetap masih bertahan dengan berbegai tantangan termasuk ketersediaan air dan faktor cuaca dari tahun ke tahu," kata Andi Asman Sulaiman, Jumat (22/3/2024).

Dia menambahkan bahkan petani yang mengelolah area persawahan dengan program IP400 dapat 10.51 ton Per hektare.



Hal itu diketahui setelah pengambilan ubinan Padi program IP 400 Poktan Mappadaelo Kelurahan Mattirowalie Kecamatan Tanete Riattang Barat bersama Babinsa, KSA Statistik, POPT, kepala BPP, para penyuluh dan anggota kelompok tani dengan hasil ubinan 6,57 setara dengan 10.51 ton per hektare.

"Alhamdulillah hasil ubinan di wilayah kota mendapatkan 6,57 setara dengan 10.51 ton/hektar, ini patut disyukuri di mana pertanian Bone berhasil pada musim tanam ini," tambahnya.

A Asman Sulaiman memotivasi para petani sebagai pejuang ketahanan pangan. Utamanya di desa-desa untuk meningkatkan produksinya.

"Di wilayah kota saja alhamdulillah bisa dapat 10.51 ton per hektar, apalagi di desa desa di mana wilayah pertanian sangat bagus," kata adik Menteri Pertanian RI ini, Andi Amran Sulaiman.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru