Pengunjung MPP Gowa Sudah 8.000 Orang Sejak Beroperasi 26 Maret

Herni Amir
Kamis, 28 Mar 2024 13:20
Pengunjung MPP Gowa Sudah 8.000 Orang Sejak Beroperasi 26 Maret
Masyarakat mengambil antrean pelayanan di MPP Gowa, Kamis (28/3/2024). Foto: SINDO Makassar/Herni Amir
Comment
Share
GOWA - Total pengunjung yang mengakses layanan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Gowa sejak beroperasi 26 Februari 2024 hingga kini, mencapai 8.000 orang.

Data tersebut diungkap Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Gowa Indra Setiawan Abbas.

"Data terakhir itu sekitar 8.000 an, ini kita lihat berdasarkan pengunjung yang mengambil daftar antrian," ungkap Indra Setiawan Abbas saat ditemui di MPP Gowa, Kamis (28/03/2024).

Setiap harinya, MPP melayani sekitar 500 orang dengan pilihan pelayanan publik yang berbeda-beda.

"Sebelum Ramadan itu kita menerima sekitar 500 pengunjung, sekarang selama Ramadan hanya 400-an. Mungkin pengaruh bulan puasa juga," terangnya.



Indra menyebutkan, dari 147 layanan publik yang disiapkan, ada tiga layanan dengan permintaan pengunjung terbanyak.

Pertama, layanan di Disdukcapil Gowa untuk permintaan perekaman hingga pengurusan E-KTP. Kedua, layanan di Imigrasi untuk permohonan paspor, Hak Kekayaan Intelektual (HKI), dan lainnya. Ketiga, layanan di Dinas Sosial untuk pengurusan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Surat Keterangan Miskin.

"Kami tentunya akan terus mengupgrade sistem layanan yang kami siapkan agar pengunjung dapat menikmati pelayanan kami dengan baik dan nyaman," terang Indra.

Sebelumnya, MPP Kabupaten Gowa yang berlokasi di Jalan Hos Cokro Aminoto, Sungguminasa ini menyiapkan anggaran sebesar Rp34 miliar. Anggaran ini merupakan APBD periode 2022 dan 2023.

Sementara dari 147 layanan yang disiapkan terdiri dari 12 instansi pemerintah daerah, 8 BUMN dan BUMD, serta 9 instansi vertikal seperti Pengadilan Negara, Pengadilan Agama, Samsat, Kemenag, Perpajakan, Polres, Kejaksaan, BPN, dan Imigrasi.



MPP ini juga menyediakan klinik UMKM yang menjadi ruangan bimbingan bagi pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Gowa.

“Pemerintah daerah juga akan menggandeng sejumlah platform seperti Go-Jek, Grab, Shopee, dan lainnya untuk merambah sistem pembayaran digital,” kata Indra.

Sementara, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat hadir melakukan Soft Opening MPP Gowa ini mengatakan, MPP tersebut akan memberikan layanan yang lengkap dan prima untuk masyarakat.

Keberadaan MPP Gowa ini pun diharapkan bukan hanya bagus dalam bentuk bangunan fisik saja, tetapi juga harus berkolerasi dengan layanan yang disiapkan para petugas.

“Kita harapkan petugas layanan harus selalu baik, etikanya bagus, agar masyarakat nyaman dan merasakan pelayanan yang baik. Ini harus menjadi komitmen bersama,” ujarnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru