Pemkab Jeneponto dan Pemkot Makassar Jajaki Kerja Sama

Luqman Zainuddin
Senin, 01 Apr 2024 10:11
Pemkab Jeneponto dan Pemkot Makassar Jajaki Kerja Sama
Pj Bupati Jeneponto Junaedi bersama Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat bertemu di kediaman pribadi Wali Kota, kemarin. Keduanya membahas potensi kerja sama pertanian dan perikanan. Foto: Ist
Comment
Share
MAKASSAR - Pj Bupati Jeneponto Junaedi melakukan pertemuan dengan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Jalan Amirullah, Kota Makassar, kemarin. Mereka membahas potensi kerja sama pertanian dan perdagangan.

Junaedi menyampaikan, potensi Kabupaten Jeneponto sangat paripurna, mulai dari perikanan dengan pesisir yang membentang dari timur ke barat sekitar 114 Km.

Begitupun hasil pertaniannya. Ada 11 kecamatan yang produksi tanaman hortikulturanya selama ini menyuplai beberapa daerah, khususnya Kota Makassar, bahkan hingga ke luar pulau Sulawesi.

Akan tetapi kata Junaedi, dari data BPS, Jeneponto memiliki pertumbuhan ekonomi yang rendah, hanya sekitar 1,9%, serta angka kemiskinan yang masih tinggi. Termasuk stunting dan IPM yang masih perlu dipacu.

“Menyelesaikan persoalan sosial dan ekonomi yang ada di daerah ini, salah satu upaya yang harus dilakukan adalah kita membuka diri, dengan cara mewujudkan kerja sama antar daerah," terang Edi, sapaan akrab Pj Bupati.



Pemerintah kata dia tidak boleh membiarkan petani dan pedagang khususnya pelaku UMKM bekerja sendiri. Sebaliknya, pemerintah harus berpihak, karena kegiatan usaha mereka yang memberikan andil besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Jeneponto.

Salah satu daerah yang mampu menyerap hasil pertanian di Sulsel adalah Kota Makassar. Oleh karena itu ia bersama jajaran perangkat daerah terkait menemui Wali Kota Makassar Moh Ramdhan "Danny" Pomanto.

Dalam pertemuan tersebut Junaedi menjelaskan maksud kedatangannya, termasuk memberikan gambaran umum potensi daerah kepada Wali Kota beserta jajaran. Gayun bersambut, Wali Kota menyambut baik apa yang menjadi harapan Pemkab Jeneponto.

“Inimi yang begini saya tunggu-tunggu, pemkot ini banyak-banyak kerja sama ke luar negeri ji, padahal ada potensi kerja sama antar daerah yang bisa saling memperkuat kedua daerah yang bekerjasama,” ucap Danny Pomanto.

Danny Pomanto pun bercerita pengalaman di beberapa kunjungan resmi keberbagai negara dengan jamuan menu hidangan rata-rata ada di Jeneponto dan sangat potensi untuk dikembangkan.



Lebih lanjut Danny Pomanto menambahkan bahwa warga Kota Makassar sebagian besar dari Jeneponto. Sehingga ia berharap hubungan emosional yang terbangun sejak lama, bisa menjadi landasan jalinan kerja sama nantinya.

"Pada akhirnya akan ada kepastian bagi masyarakat khususnya petani, nelayan dan pelaku UMKM," beber Danny Pomanto.

Jika kerja sama ini berjalan, Danny Pomanto berencana akan segera membangun gudang untuk menampung produk-produk bahan pangan starategis dari Jeneponto, yang akan dikerjasamakan dengan Perusda Kota Makassar.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut pejabat dari Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Sulsel Drs Abd Azis Bennu.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru