Ibu Rumah Tangga Dominasi CJH Kabupaten Bantaeng

Luqman Zainuddin
Minggu, 21 Apr 2024 15:12
Ibu Rumah Tangga Dominasi CJH Kabupaten Bantaeng
Pemberangkatan jemaah haji tahun lalu. Foto: Dok
Comment
Share
BANTAENG - Latar belakang pekerjaan atau profesi ibu rumah tangga (IRT) mendominasi daftar calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Bantaeng tahun ini. Ada 87 orang dari 204 CJH.

Data ini diungkap Kepala Kantor Kemenag Bantaeng H Ahmad Jaelani saat manasik haji akhir pekan lalu. Selain IRT, ada 51 orang petani, PNS 38 orang, wiraswasta 19 orang, pegawai BUMN/BUMD 2 orang, pensiunan 2 orang, serta 5 orang tanpa keterangan.

Dominasi IRT ini membuat Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Muh Tonang dalam arahannya meminta kepada jemaah agar bijak dalam menggunakan media sosial (bermedsos).

“Sekarang adalah era dimana setiap kejadian atau peristiwa bisa tersebar begitu cepat melalui media sosial. Untuk itu saya wanti-wanti agar jemaah bijak dalam bermedsos,” ucap Tonang dikutip dari website Kemenag Sulsel, Minggu (21/4/2024).



Hal ini penting, kata Tonang, mengingat informasi yang disebarkan melalui media sosial belum tentu kebenarannya dapat dipertanggunjawabkan, bahkan terkadang menimbulkan keresahan dan kegaduhan di tengah masyarakat.

“Olehnya itu saya minta agar jangan mengupload hal-hal yang diluar kewenangan bapak ibu jemaah sekalian. Tolong berkoordinaslah dengan petugas kloter yang mendampingi,” imbaunya.

Selain tentang media sosial, mantan Kepala Bidang Urusan Agama Islam ini juga mengingatkan jemaah akan perbedaan kultur atau budaya penduduk Arab Saudi yang jauh berbeda dengan kultur bangsa Indonesia, khususnya Bugis Makassar.

“Penduduk Arab Saudi punya kultur yang sangat jauh berbeda dengan budaya ketimuran kita. Untuk itu tolong jaga sikap dan prilaku selama menjalankan ibadah haji, apalagi kita membawa nama daerah, bangsa dan negara,” ucapnya.

(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru