Natsir Ali Ingin Jalankan Hilirisasi untuk Tingkatkan Pendapatan Daerah dan Masyarakat Selayar

Ahmad Muhaimin
Sabtu, 11 Mei 2024 21:25
Natsir Ali Ingin Jalankan Hilirisasi untuk Tingkatkan Pendapatan Daerah dan Masyarakat Selayar
Bakal Calon Bupati Kepulauan Selayar, Muh Natsir Ali. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Bakal Calon Bupati Kepulauan Selayar, Muh Natsir Ali tak sekadar mengincar kursi 01 Tana Doang. Ia juga ingin mengusung visi misi yang bermuara pada peningkatan pendapatan masyarakat.

"Jadi bukan hanya di pemerintah pusat saja hilirisasi, tapi di daerah juga harus. Misalnya bagaimana pemanfaatan kelapa yang melimpah di Selayar untuk peningkatan pendapatan masyarakat," kata Natsir Ali pada Sabtu (11/05/2024).

Natsir menuturkan bahwa sejauh ini pemanfaatan kelapa di masyarakat Selayar masih di bawah standar untuk meningkatkan kesejahteraan. Padahal kelapa jika dikelola maksimal bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan pendapatan asli daerah (PAD).

"Air kelapa kan bisa diolah jadi gula merah. Saat ini, kita diminta mengurangi konsumsi gula pasir dan beralih ke gula merah. Tentu ini peluang besar bagi masyarakat Selayar meningkatkan pendapatannya. Apalagi harga gula merah saat ini terus naik," paparnya.

"Belum lagi tempurung kelapa bisa diolah jadi briket. Tentu harganya lebih tinggi jika dijual dalam bentuk briket ketimbang tempurung," sambungnya.

Adik kandung Bupati Kepulauan Selayar ini berjanji akan membantu modal usaha dan peralatan ke sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) di Selayar jika dirinya kelak menjadi bupati.

"Intinya hilirisasi. Selayar punya sumber daya besar di segala sektor. Tinggal bantuan modal dan peralatan saja," tutur politisi dari Partai Golkar ini.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru