TBBM Parepare Diklaim Telah Penuhi Standar Keamanan

Darwiaty Dalle
Selasa, 07 Mar 2023 23:04
TBBM Parepare Diklaim Telah Penuhi Standar Keamanan
Suasana foto udara Terminal Bahan Bakar Minyak Pertamina Parepare. Pertamina Parepare memastikan, telah memenuhi standar kemanan meski dekat dengan pemukiman warga. Foto: Sindo Makassar/Darwiaty Dalle
Comment
Share
PAREPARE - PT (Persero) Pertamina Kota Parepare memastikan, Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina Parepare telah memenuhi standar kemanan meski dekat dengan pemukiman warga.

Bahkan saat ini, PT (Persero) Pertamina Kota Parepare makin masif melakukan sosialisasi dan pelatihan kesiapan dan kesiagaan untuk mengantisipasi jika terjadi keadaan darurat. Menyusul tragedi ledakan dan kebakaran di depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara beberapa waktu lalu.



Area Manager Communication Relations CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw mengatakan, fasilitas sarana yang dimiliki Pertamina Parepare, menerapkan sistem double standar untuk memaksimalkan upaya keamanan masyarakat yang bermukim di areal berdekatan dengan depo BBM Pertamina.

"Terkait dengan wilayah permukiman warga yang berdekatan dengan zona depo BBM, menjadi perhatian kami untuk selanjutnya kita bahas dengan pemerintah setempat, baik terkiat penataan wilayah, maupun tata ruang," ujarnya.

Salah satu standar sefty yang diterapkan, kata dia, dengan adanya pipa pemadam kebakaran yang mengelilingi bangunan di Pertamina, guna mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Secara rutin juga kita lakukan pelatihan bagi warga yang bermukim di wilayah ring 1, terkait keadaan darurat, pelatihan bencana, pemadaman api, termasuk simulasi darurat bagi warga. Dan tahun lalu kita bagikan 30 alat pemadam kebakaran bagi warga sekitar," paparnya.



Sementara Fuel Terminal Manager Pertamina Parepare, Tony Kurniawan mengatakan, jarak aman antara depo Pertamina dengan permukiman warga, sudah sesuai standar, salah satunya yakni berdasarkan kapasitas tangki timbun.

"Jika menganut standar yang ada, itu sudah ideal. Untuk tangki kapasitas 2.500, jarak amannya 30 meter dari permukiman warga. Sementara jarak tangki ditamam yang terdekat dengan permukiman warga, sekitar 50 meter," tandasnya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru