Jadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila, Pj Wali Kota Bacakan Pidato Kepala BPIP

Tim Sindomakassar
Sabtu, 01 Jun 2024 10:12
Jadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila, Pj Wali Kota Bacakan Pidato Kepala BPIP
Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani bertindak selaku Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di lapangan Pancasila Kota Palopo, Sabtu (01/06/2024). Foto: Istimewa
Comment
Share
PALOPO - Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani bertindak selaku Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di lapangan Pancasila Kota Palopo, Sabtu (01/06/2024).

Dalam sambutannya, Asrul Sani membacakan pidato seragam dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Prof Yudian Wahyudi.

“Hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai proklamator kemerdekaan, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK),” kata Asrul Sani.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045".

Tema ini, kata Asrul, mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan bangsa dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara,” ujarnya.

Keberadaan Pancasila, lanjut Asrul, merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

“Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” sebutnya.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tambahnya.

Sebagai meja statis, lanjut Asrul, Pancasila terbukti mampu mempersatukan dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

“Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini,” jelasnya.

Lebih dari itu, urai Asrul, mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi,” ucapnya.

Lebih jauh, kata Asrul, semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.

“Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Forkopimda Kota Palopo, para Asisten Setda Kota Palopo, para Kepala OPD se-Kota Palopo, Camat dan Lurah se-Kota Palopo, para kepala sekolah se-Kota Palopo, dan peserta upacara.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru