KKN-T Unhas Posko Desa Wisata Sarira Edukasi Stunting di Tana Toraja

Tim Sindomakassar
Kamis, 25 Jul 2024 15:12
KKN-T Unhas Posko Desa Wisata Sarira Edukasi Stunting di Tana Toraja
KKN-T Gelombang 112 Unhas Posko Desa Wisata Sarira, Kecamatan Makale Utara, Kabupaten Tana Toraja melaksanakan program DAHSAT di Aula Kantor Kelurahan Sarira, Rabu (24/07/2024). Foto: Istimewa
Comment
Share
TANA TORAJA - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Gelombang 112 Universitas Hasanuddin (Unhas) Posko Desa Wisata Sarira, Kecamatan Makale Utara, Kabupaten Tana Toraja melaksanakan program DAHSAT (Dapur Sehat Atasi Stunting) di Aula Kantor Kelurahan Sarira, Rabu (24/07/2024). Kegiatan edukasi stunting dan pembagian stiker “Isi Piringku” ini bekerjasama dengan Tim Puskesmas Makale Utara dan BKKBN.

Peserta kegiatan ini ialah para ibu yang memiliki balita, ibu hamil, bidan desa serta pihak penanggung jawab kegiatan dari Puskesmas Makale Utara. Kegiatan ini mendapat dukungan dari pihak Unhas serta Lurah Sarira dan perangkatnya.

Tri Anugrah Saputri Janna selaku penanggung jawab program kerja stunting mengatakan, acara ini berjalan sukses berkat kolaborasi aktif Mahasiswa KKN-T Gelombang 112 Unhas Posko Desa Wisata Sarira bersama pihak Puskesmas Makale Utara.

"Kegiatan diawali oleh pembukaan dan perkenalan dari pihak BKKBN dan Puskesmas Makale Utara, yang setelahnya dilanjutkan dengan agenda penyuluhan dan demonstrasi gizi seimbang serta pembagian stiker isi piringku," katanya.



Tri menuturkan, kegiatan penyuluhan ini mencakup topik tentang stunting dan pentingnya gizi seimbang bagi ibu dengan balita dan ibu hamil. Penyampaiannya menggunakan slide PPT yang dijelaskan dengan metode ceramah yang interaktif kepada peserta kegiatan.

"Kami menyampaikan terkait kapan anak dikatakan stunting, penyebab dan gejala stunting, upaya pencegahan apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah stunting Serta informasi mengenai gizi seimbang dan mengapa sangat penting bagi ibu dalam mengetahui gizi seimbang untuk keluarga," terangnya.

Antusiasme dan partisipasi dari peserta tidak hanya tergambar dari kehadiran, namun juga umpan balik lewat beberapa pertanyaan yang sempat disampaikan peserta kegiatan setelah mendengarkan penyuluhan.



Mahasiswa Semester 7 Jurusan Kesehatan Masyarakat ini melanjutkan, agenda kegiatan kemudian dilanjutkan dengan demonstrasi gizi seimbang bagi bayi usia 2-5 tahun, baduta, dan ibu hamil oleh pihak Puskesmas Makale Utara. Dilanjutkan dengan pembagian stiker “Isi Piringku” Mahasiswa KKN-T Gelombang 112 Unhas Posko Desa Wisata Sarira.

Tri berharap melalui kegiatan ini kesadaran para ibu di Kelurahan Sarira dapat meningkat dan mengaplikasikan gizi seimbang di kehidupan sehari-hari sebagai langkah pencegahan stunting, serta mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

"Khususnya dalam mengakhiri kelaparan dan memastikan kehidupan sehat serta kesejahteraan bagi semua. Upaya ini tidak hanya untuk mengurangi angka stunting tetapi juga untuk menciptakan generasi masa depan yang lebih sehat dan produktif," kuncinya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru