home ekbis

Presiden Jokowi Apresiasi Kerja Sama Rp67,5 Triliun PT Vale, Huayou, dan Ford

Kamis, 30 Maret 2023 - 22:16 WIB
Presiden RI Jokowi menyaksikan langsung penandatanganan perjanjian final penyertaan modal investasi antara PT Vale Indonesia Tbk, Zhejiang Huayou Cobalt Co, dan Ford Motor Company. Foto/Dok PT Vale
Presiden RI Joko Widodoalias Jokowi menyaksikan langsung penandatanganan perjanjian final penyertaan modal investasi antara PT Vale Indonesia Tbk, Zhejiang Huayou Cobalt Co, dan Ford Motor Company. Kolaborasi tiga perusahaan raksasa itu dilaksanakan saat peresmian Taman Kehati Sawerigading Wallacea, Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan pada Kamis (30/3/2023).

Kerja sama tiga perusahaan ini mendapatkan apresiasi dari Presiden Jokowi. Diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pemerintah maupun masyarakat. Terlebih, nilai investasinya sangat besar mencapai Rp67,5 triliun dan diproyeksi mampu menyerap 12 ribu tenaga kerja konstruksi.

Baca Juga:Jokowi Minta Perusahaan Tambang di Indonesia Tiru Good Mining Practice PT Vale

Presiden Jokowi menyebut perjanjian penyertaan modal investasi pengolahannikelini juga terbilang unik karena mewakili perusahaan dari empat negara. Masing-masing yakni Indonesia, Brazil, Amerika Serikat, dan Tiongkok.

"Saya menyambut baik perjanjian yg ditandatangani oleh (perwakilan) empat negara yakni Indonesia, Brazil, Tiongkok, Amerika Serikat," kata dia.

Orang nomor satu di Indonesia itu menaruh asa kerja sama ini dapat berkontribusi positif pada penguatan ekonomi daerah dan mendongkrak kesejahteraan masyarakat. "Itu yg kita nginkan karena yang bergabung adalah perusahaan raksasa dunia," sebutnya.

Sekadar diketahui, PT Vale, Huayou, dan Ford sepakat melakukan penyertaan modal pada Proyek High-Pressure Acid Leach(HPAL) Blok Pomalaa. Proyek ini akan mengolah bijih yang dipasok oleh PT Vale Indonesia dari tambang Blok Pomalaa untuk menghasilkan nikel dalam bentuk mixed hydroxide precipitate(MHP), produk nikel berbiaya rendah yang digunakan dalam baterai EV dengan katoda kaya nikel.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
pt vale presiden jokowi
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya