home makassar city

Cahaya Ramadan: Manusia yang Dirindukan Surga

Senin, 03 April 2023 - 09:46 WIB
Munawir Kamaluddin, Ketua Asosiasi Dosen Pendidikan Seluruh Indonesia. Foto: Dokumentasi pribadi
Munawir Kamaluddin

Ketua Asosiasi Dosen Pendidikan Seluruh Indonesia

BULAN Ramadan adalah berita gembira bagi orang beriman karena ia hadir membawa dan menawarkan aneka kebahagiaan. Sehingga amat merugi seorang Muslim yang mendapati Ramadan namun tidak merasakan kebahagiaan tersebut (للصائم فرحتان، فرحة عند فطره، وفرحة عند لقاء ربه).

Bergembira penuh suka cita menyambut dan menjalani Ramadan adalah indikator dari mereka yang dirahmati Allah, sekaligus kegembiraan itu menjadi jaminan pembebasan diri dan jasadnya dari api neraka, meski bukan berarti larut dlm eforia yang tak jelas (مَنْ فَرِحَ بِدُخُولِ رَمَضَانَ حَرَّمَ اللهُ جَسَدَهُ عَلىَ النِّيْرَانِ).

Selain dari terbebas dari api neraka, para pelaku puasa juga telah dimasukkan dalam 4 ketegorisasi manusia yang dirindukan surga.

Baca juga: Cahaya Ramadan: Selagi Masih Ada Waktu

Nabi bersabda; الجنة مشتاقة الى اربعة نفر, تالى القران وحافظ اللسان ومُطْعِم الجيعان والصائمين فى شهر رمضان (Surga merindukan 4 golongan; 1. Orang yang membaca AL-Qur’an, 2. Orang yang menjaga lisannya (ucapan), 3. Orang yang memberi makan orang lapar, 4. Orang yang berpuasa di bulan Ramadan.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
ramadan cahaya ramadan munawir kamaluddin
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya