Cahaya Ramadan: Selagi Masih Ada Waktu

Tim Sindomakassar
Minggu, 02 Apr 2023 09:30
Cahaya Ramadan: Selagi Masih Ada Waktu
Prof Hasaruddin. Foto: Dokumen pribadi
Comment
Share
Prof Hasaruddin
Akademisi UIN Alauddin Makassar

SEUSAI menunaikan ibadah salat, kita senantiasa beristigfar memohon ampun kepada Allah SWT, atas segala khilaf dan kesalahan yang dilakukan baik sengaja araupun tidak disengaja. Permohonan ampun dilakukan agar segala kekhilafan dan kesalahan yang pernah dilakukan diampuni oleh Allah SWT.

Banyak kisah orang-orang hebat pada masanya yang kemudian berupaya mencari tuhannya kecuali usianya makin mendekati kematian.

Louise Mitchell, seorang pemimpin Commune Paris yang terkenal kejahatannya, ditahan mulai tanggal 18 Maret-28 Mei 1871 Masehi. Louise melakukan tindak pembunuhan terhadap beberapa orang pendeta dan membakar gereja dengan tangannya sendiri.



Masyarakat marah atas tindakan yang dilakukan oleh Louise, namun kemarahan masyarakat dapat diredakan saat pemerintah membubarkan Commune Paris. Louise dihukum kemudian dipenjara. Saat Louise kembali ke Paris setelah ia menjalani hukumannya, Louise jatuh miskin, kesehatannya memburuk dan ia tidak memiliki seorang pun, bahkan tidak seorang pun mengenalnya.

Louise kemudian berlindung di sebuah biara. Sebagai imbalan atas kebaikan para suster yang memberinya tempat tinggal, Louise melakukan pekerjaan kecil yang biasa ia lakukan.

Menjelang ajalnya, Louise diminta oleh salah seorang biarawati untuk mempersiapkan kematiannya serta memohon pengampunan dari Tuhan dengan cara memohon maaf sekali lagi atas masa lalunya yang sangat suram. Dalam keadaan sekarat, Louise berkata kepada sang biarawati.



"Suster, semua yang kau katakan itu benar adanya. Masa laluku sangat luar biasa buruknya. Tapi sejak kapan dosa-dosaku yang mengerikan ini lebih besar daripada pengampunan Tuhan?".

Dalam Al-Qur'an, Allah SWT senantiasa mengajak kaum beriman untuk senantiasa memohon ampun kepada Allah SWT atas segala khilaf dan salah. Segala kekhilafan dan kesalahan yang dimohonkan untuk diampuni, akan dikabulkan oleh Allah SWT asal saja seorang hamba tidak berbuat syirik kepada Allah SWT.

Selagi masih ada waktu dan kesempatan, marilah kita bersegera kepada pengampunan Allah SWT, apalagi jika dilakukan pada Bulan suci Ramadan yang setiap amal ibadah akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Allah A'lam
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru