home makassar city

Nama Jalan Cenderawasih Makassar Berganti Jadi Opu Daeng Risadju

Selasa, 22 Agustus 2023 - 16:31 WIB
Peresmian nama Jalan Opu Daeng Risadju oleh Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Selasa (22/8/2023). Foto: SINDO Makassar/Gusti Ridani
Nama Jalan Cenderawasih di Kota Makassar resmi berganti menjadi Opu Daeng Risadju. Penggantian nama itu dilakukan secara resmi pagi tadi, Selasa (22/8/2023).

Opu Daeng Risadju merupakan bangsawan Kerajaan Luwu, yang memiliki nama asli Famajjah. Ia terlibat memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia.Iaditetapkan sebagai Pahlawan Nasional pada 2006.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan "Danny" Pomanto mengatakan, penggantian nama jalan ini telah diwacanakan sejak lama. Namun baru terlaksana hari ini.

Baca juga: Maknai Kemerdekaan, Kepala Kemenkumham Sulut: Teladani Nilai Juang Pahlawan!

Pergantian nama ini berawal dari permintaan Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) Sulsel untuk menjadikan nama pahlawan asal Luwu Opu Daeng Risadju sebagai nama jalan di Makassar, Desember lalu.

Wali Kota Makassar lalu menjalin komunikasi dengan Ketua DPRD dan menyiapkan kandidat jalan yang digantikan. Menurut Danny, nama jalan dari nama pahlawan nasional penting, apalagi pahlawannya dari Sulsel.

Danny menyebut, Opu Daeng Risadju merupakan sosok pahlawan nasional dua zaman. Bukan hanya itu, Opu Daeng Risadju juga memberikan inspirasi mengenai isu gender, perjuangan wanita yang saat ini menjadi bagian penting dalam kehidupan dunia.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya