Nama Jalan Cenderawasih Makassar Berganti Jadi Opu Daeng Risadju

Gusti Ridani
Selasa, 22 Agu 2023 16:31
Nama Jalan Cenderawasih Makassar Berganti Jadi Opu Daeng Risadju
Peresmian nama Jalan Opu Daeng Risadju oleh Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Selasa (22/8/2023). Foto: SINDO Makassar/Gusti Ridani
Comment
Share
MAKASSAR - Nama Jalan Cenderawasih di Kota Makassar resmi berganti menjadi Opu Daeng Risadju. Penggantian nama itu dilakukan secara resmi pagi tadi, Selasa (22/8/2023).

Opu Daeng Risadju merupakan bangsawan Kerajaan Luwu, yang memiliki nama asli Famajjah. Ia terlibat memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. Ia ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional pada 2006.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan "Danny" Pomanto mengatakan, penggantian nama jalan ini telah diwacanakan sejak lama. Namun baru terlaksana hari ini.



Pergantian nama ini berawal dari permintaan Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) Sulsel untuk menjadikan nama pahlawan asal Luwu Opu Daeng Risadju sebagai nama jalan di Makassar, Desember lalu.

Wali Kota Makassar lalu menjalin komunikasi dengan Ketua DPRD dan menyiapkan kandidat jalan yang digantikan. Menurut Danny, nama jalan dari nama pahlawan nasional penting, apalagi pahlawannya dari Sulsel.

Danny menyebut, Opu Daeng Risadju merupakan sosok pahlawan nasional dua zaman. Bukan hanya itu, Opu Daeng Risadju juga memberikan inspirasi mengenai isu gender, perjuangan wanita yang saat ini menjadi bagian penting dalam kehidupan dunia.



"Dengan ini kami bangga bisa perkenalkan ke seluruh dunia bahwa kami memiliki pahlawan nasional perempuan," ujarnya usai peresmian.

Tidak hanya itu, jalanan tersebut juga dilengkapi barcode yang tertempel di plang jalan. Sehingga, generasi muda dapat membaca sejarah dari nama jalan tersebut. Juga, lorong-lorong yang sebelumnya merupakan Jalan Cendrawasih diganti menjadi Jalan Opu Daeng Risadju.

Danny mengaku menerima usulan nama-nama lainnya, seperti I Gede Agung, Sir Alfred Russel Wallace dan nama lainnya untuk menjadi nama jalan di Makassar. Selain nama baru ini, ada pula nama lain yang sudah diresmikan, seperti Jalan Andi Djemma.



Bupati Luwu Basmin Mattayang mengapresiasi kebijakan Danny Pomanto ini.

"Hari ini adinda wali kota melukiskan keindahan di hati masyarakat Luwu, menorehkan sejarah Luwu. Rasa penuh bangga dan haru mewakili keluarga dan warga Luwu kami sampaikan terima kasih atas goresan inisiatif ini," ucap Basmin.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru