home news

MNEK 2023 Jadi Ajang Diplomasi dan Jalin Relasi Antar 36 Negara

Senin, 05 Juni 2023 - 14:48 WIB
Pembukaan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar. Dalam pembukaan sejumlah atraksi pewasat tempur, penerjun payung, hingga tarian. Foto: Muchtamir Zaide
Event Internasional Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 resmi dibuka di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Senin (5/6/23). Kegiatan ini jadi ajang diplomasi dan relasi antar 36 negara yang hadir.

Pada kegiatan tersebut, Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Muhammad Ali secara resmi membuka kegiatan latihan bertaraf internasional 4th MNEK 2023. Mereka didampingi Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman bersama Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

Baca Juga: Lantamal VI Matangkan Persiapan Jelang Pelaksanaan NMEK 2023

Usai Opening Ceremony MNEK 2023, ditampilkan banyak pertunjukan, dari demonstrasi pesawat tempur TNI AL, penerjun payung, helikopter, drumband Taruna TNI AL hingga 500 penari kolosal persembahan Pemkot Makassar.

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono mengapresiasi kerja sama TNI AL dan seluruh jajaran dan pihak yang menyukseskan latihan non-perang di Makassar. Ia menekankan, bahwa kerjasama sangat penting untuk mensukseskan kegiatan tersebut. Yudo berharap peserta yang hadir mendapatkan kenangan dan momen yang indah pasca acara.

"Para peserta sebaiknya memanfaatkan kegiatan ini untuk membangun komunikasi dan kerjasama yang baik," ujarnya.

MNEK, kata dia, bukan perang tetapi fokus pada penguatan dan kerja sama di area regional juga perihal penanganan dan penanggulangan kebencanaan. Apalagi MNEK mengusung tema Partnership To Recover And To Rise Stronger.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
tni al
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya