Lantamal VI Matangkan Persiapan Jelang Pelaksanaan NMEK 2023

Agus Nyomba
Jum'at, 12 Mei 2023 13:54
Lantamal VI Matangkan Persiapan Jelang Pelaksanaan NMEK 2023
Komandan Lantamal VI Makassar Brigadir Jenderal TNI (Mar), Amir Kasman saat memberikan keterangan terkait pelaksanaan konferensi Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023. Foto: Agus Nyomba
Comment
Share
MAKASSAR - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI Makassar, memantapkan persiapan jelang pelaksanaan latihan militer angkatan laut, sekaligus konferensi Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 yang akan diikuti para marinir dari 49 negara di Laut Makassar, 5-8 Juni mendatang.

Komandan Lantamal VI Makassar Brigadir Jenderal TNI (Mar), Amir Kasman mengatakan, saat ini persiapan terus dilakukan dalam menyambut ajang internasional tersebut di Makassar. Bahkan kata dia saat ini sarana dan prasarana sudah dibenahi untuk mendukung acara yang dihadiri angkatan laut dari berbagai negara ini.



"Sudah ada beberapa rangkaian acara yang berjalan saat ini, seperti perbaikan sarana prasarana sekolah di Pulau," kata dia kepada wartawan pada acara Fun Shooting dan Sosialisasi di Lapangan Tembak Mako Lantamal VI, Jumat, (12/05/2023).

Dirinya menjelaskan, acara bergengsi ini tentu akan mengangkat nama Indonesia di mata dunia, termasuk Sulsel dan Makassar sebagai lokasi pelaksanaan acara. Sehingga dirinya berharap dukungan semua pihak agar bisa terlaksana dengan baik.

"Ini momen kita menjadi tuan rumah yang baik apalagi akan dihadiri oleh sekitar 49 negara dengan membawa alutsista dan personel masing-masing negara," katanya.

Sejauh ini lanjutnya, sudah ada sekitar 20 negara lebih yang mengkonfirmasi kehadiran mereka pada latihan militer dan konferensi Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023. Sehingga dirinya berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan baik.

"Open ceremony nanti rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI dan pejabat negara seperti Panglima TNI dan Kapolri. Termasuk delegasi semua negara peserta," katanya lagi.



Untuk pihaknya sendiri kata dia, juga akan menurunkan persiapan terbaik termasuk 17 KRI yang dimiliki untuk bisa ambil bagian pada ajang internasional ini. "Selain latihan militer juga ada beberapa rangkaian acara seperti pameran alutsista, kirab kota hingga funbike," katanya.

Ajang Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 sudah empat kali digelar di Indonesia, Yakni MNEK pada 2014 di Batam, Kepulauan Riau, 2016 di Padang, Sumatra Barat, dan yang ketiga pada 2018 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru