home news

Pengamat Sebut 2 Petahana DPR Lily & Ikhsan Rawan Tumbang di Pemilu 2024

Senin, 05 Juni 2023 - 22:31 WIB
Foto Kolase Anggota DPD RI, Lily Amelia Salurapa dan Andi Muhammad Ikhsan. Ilustrasi: Sindo Makassar
Sebanyak 19 bakal calon (Balon) DPD RI Dapil Sulsel akan memperebutkan 4 kursi senator. Tersisa tiga petahana berusaha mempertahankan kursinya dari manuver 16 Balon pendatang baru.

Direktur Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir menilai jika kompetisi di DPD RI Dapil Sulsel dipetakan, maka satu kursi sudah pasti akan diamankan oleh kandidat non muslim. Dia memprediksi, Pdt. Musa Salusu yang bakal mengisi jatah kursi tersebut.

Selain itu, Suwadi juga memprediksi jika satu petahana yakni Tamsil Linrung berpotensi besar mengamankan kursinya di DPD RI. Menurutnya, Tamsil memiliki basis massa yang jelas untuk mempertahankan kursinya itu.

“Jadi sebenarnya kalau kita bicara tentang DPD RI maka hanya dua kursi yang akan diperebutkan. Karena dua kursi lainnya bisa dipastikan akan diamankan oleh bakal calon non muslim dan Tamsil Linrung. Karena Tamsil kan kuat karena diback-up dua partai, PKS dan Gelora,” katanya.

Baca Juga: Didukung Serikat Buruh, Tenri Olle Optimistis Maju di Pileg DPR-RI



Suwadi menuturkan, itu artinya, dua petahana yakni Lily Amelia Salurapa dan Andi Muhammad Ikhsan akan terancam oleh pendatang baru yang akan berkompetisi memperebutkan dua kursi. Karena dua kursi lainnya diprediksi kuat akan diamankan oleh Pdt. Musa Salusu perwakilan non muslim dan Tamsil Linrung sebagai petahana.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
pemilu 2024 pileg 2024 balon dpd
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya