home news

SPJM Komitmen Terus Tingkatkan Awareness Awak Kapal

Senin, 10 Juli 2023 - 19:31 WIB
SPJM memberikan materi tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) serta Manajemen Keselamatan. Foto/Dok SPJM
Prioritaskan keselamatan dalam melayani pengguna jasa, Pelindo Jasa Maritim memberikan materi tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) serta Manajemen Keselamatan di bidang marine untuk menjaga marine awareness para awak kapal.

Siapa yang tidak ingat berbagai kecelakaan yang menimpa kapal-kapal di dunia? Sebut saja kecelakaan The Herald of Free Enterprise tahun 1987 yang menyebabkan 193 penumpang meninggal dunia. Ternyata setelah diperiksa, ditemukan penyebab kecelakaannya adalah kelalaian seorang kru kapal.

Pada saat berangkat dari Pelabuhan pintu utama kapal masih dalam kondisi belum sepenuhnya ditutup. Hal tersebut menyebabkan air laut membanjiri dek. Kapal The Herald of Free Enterprise yang tidak dilengkapi dengan kompartemen banjir akhirnya terbalik karena air memenuhi dek.

Baca Juga:Transformasi Awak Kapal, SPJM Gelar Workshop Standarisasi Layanan Marine

Beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 1994, IMO mengadopsi ISM-Code dan diberlakukan mulai 1 Juli 1998, dimana diberlakukan standar internasional untuk manajemen dan pengoperasian kapal yang aman dan untuk pencegahan polusi.

Di Indonesia, ada PM 45 Tahun 2012 tentang Manajemen kapal. Materi-materi Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) serta keselamatan kapal ini diberikan kepada para awak kapal PT Pelindo Jasa Maritim yang dilaksanakan di beberapa tempat, antara lain Tanjung Perak, Balikpapan, Dumai, dan Belawan.

Di waktu mendatang, materi serupa juga akan diberikan kepada awak kapal di daerah lainnya seperti Jakarta, dan Makassar, serta sejumlah area dimana SPJM melakukan kegiatan operasional.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
subholding pt pelindo jasa maritim (spjm) transformasi awak kapal
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya