home news

Dinas Kesehatan Sulsel Catat 9 Kasus Kematian Akibat Infeksi Rabies

Rabu, 12 Juli 2023 - 11:15 WIB
Dinkes Sulsel mencatat hingga Mei 2023 terdapat 9 kasus kematian akibat infeksi rabies. Foto/Freepik
Mencuatnya kasus kematian akibat infeksi rabies yang ditularkan oleh anjing, tak boleh diabaikan oleh semua lapisan masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Rosmini Pandin menyampaikan, sepanjang 2023 ini sebanyak 9 orang telah meregang nyawa akibat terinfeksi virus rabies. Kata dia, dari 9 kasus tersebut, tersebar di enam kabupaten di wilayah Sulsel.

"Di Kabupaten Soppeng itu sebanyak 2 orang, Toraja Utara itu sebanyak 3 orang, Sinjai 1 orang, Bulukumba 1 orang, Sidrap 1 orang, dan Gowa 1 orang," ungkap dia.

Baca Juga:72 Warga di Kabupaten Maros Digigit Hewan Rabies

Ia menuturkan, jika seseorang mengalami gigitan hewan peliharaan atau hewan liar (hewan penular rabies) itu mesti sesegera dilakukan pencucian luka di pusat layanan kesehatan terdekat.

"Itu tidak boleh diabaikan, Kalau orang yang terkena gigitan, terus timbul gejala takut sama air hidrophobia, sama cahaya itu susah. Kemungkinan selamatnya itu kecil. Itupun kalau selamat, ada beberapa syaraf yang tidak berfungsi. Jadi jagan diabaikan, kalau sudah kena gigitan," tegasnya.

Ia memaparkan, distribusi Kasus GHPR berdasarkan jenis kelamin di Sulsel periode Januari-Mei tahun 2023, 1.503 perempuan, dan 1.589 orang laki-laki.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
dinas kesehatan maros rabies
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya