home news

Ringankan Beban Masyarakat Akibat El Nino, Mendag Akan Salurkan Bantuan

Kamis, 27 Juli 2023 - 15:12 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat menghadiri kongres ASEAN di Hotel Gammara, Kamis (27/7/2023). Foto: SINDO Makassar/Gusti Ridani
Fenomena El Nino diperkirakan akan melanda Indonesia. Puncak skala moderate fenomena alam ini diprediksi terjadi pada Agustus dan September.

Oleh karena itu, semua pihak diminta bersiap-siap menghadapi risiko kekeringan yang luas di berbagai wilayah. Adapun dampaknya dapat berpengaruh pada ketersediaan bahan makanan.

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan mengatakan, saat ini beberapa harga komoditas berada pada titik mengkhawatirkan. Hal ini disebabkan mengeringkannya sungai-sungai di Indonesia.

Baca juga: Damkar Sulsel Cegah Kebakaran Lahan Akibat Fenomena El Nino

"Sebelumnya saya sudah janji beli beras 1 juta ton dari India, tapi sekarang tidak boleh. Karena mereka juga belum terpenuhi kebutuhannya (akibat El Nino)," terangnya usai menghadiri kongres ASEAN di Hotel Gammara, Kamis (27/7/2023).

Akan tetapi, kata dia, ketersediaan beras dalam negeri masih stabil untuk saat ini. Adapun untuk komoditas lain selain ayam dan telur harganya relatif stabil.

"Mulai Oktober-Desember kita akan luncurkan Rp8 triliun bantuan ke masyarakat," pungkasnya.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya