Damkar Sulsel Cegah Kebakaran Lahan Akibat Fenomena El Nino

Gusti Ridani
Selasa, 25 Jul 2023 21:10
Damkar Sulsel Cegah Kebakaran Lahan Akibat Fenomena El Nino
Rapar Koordinasi Damkar se-Sulsel mengantisipasi kebakaran lahan akibat fenomena El Nino, Selasa (25/7/2023). Foto: SINDO Makassar/Gusti Ridani
Comment
Share
MAKASSAR - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar Sulsel melakukan rapat koordinasi (rakor) dengan Damkar kabupaten/kota di Toraja Room Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (25/7/2023).

Rakor dilaksanakan untuk meminimalisir dampak dari El Nino, fenomena alam berupa pemanasan suhu muka laut (SML). El Nino memicu terjadinya kondisi kekeringan yang berpotensi menyebabkan kebakaran, khususnya lahan.

Kepala Satpol PP dan Damkar Sulsel Arwin Aziz mengungkapkan, El Nino merupakan siklus tahunan, sehingga bukan hal yang baru. Oleh karena itu sejumlah langkah antisipasi sudah dipersiapkan untuk mengahadapi kekeringan tiga bulan ke depan.



"Salah satu usulan yang paling banyak muncul dikonkritkannya kerja sama antar daerah perbatasan. Kita buat satu MoU secara keseluruhan sudah diatur kerjasamanya. Mudah-mudahan bisa dalam waktu dekat," tuturnya.

Selain itu, Satpol PP dan Damkar Sulsel juga telah melakukan pemetaan wilayah yang rawan kebakaran lahan. Sekaligus akan melakukan peningkatan kapasitas tenaga pemadam kebakaran di lapangan.

"Jadi kita bekerja sama dengan BMKG untuk memetakan daerah mana saja yang terkena dampak El Nino secara signifikan. Ternyata kita dapati, wilayah selatan dan barat. Seperti di Luwu Raya. Kita sudah lakukan pemetaan agar mengantisipasi dampak yang akan terjadi," kata Arwin.



Ia juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan. Juga mendorong daerah agar memprioritaskan pengadaan sarana prasarana pemadam kebakaran sebab pemprov hanya bisa memfasilitasi.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru